Membuat PDF Dengan Mudah dan Cepat

Berikut adalah cara membuat file PDF dengan mudah dan cepat, pada kesempatan ini saya menggunakan software gratis dari http://www.mrbass.org/freeware/pdfcreator/ untuk membuat file PDF, alasan mengapa saya gunakan software gratis karena saya suka yang gratis-gratis.

Spesifikasi komputer yang saya gunakan adalah:

  1. Prosessor: Intel Pentium M 1500 MHz
  2. Memory: DDR 256 MB
  3. OS: Microsoft Windows XP Profesional

Berikut prosedur yang harus dilakukan:

Silahkan kunjungi situs dari http://www.mrbass.org/freeware/pdfcreator/. Silahkan download file PDFCreator-0_8_0_GNUGhostscript.exe versi terbaru, pada saat saya menulis ini versi terbaru adalah 0.8 (7.21 MB).

  • Install Software PDFCreator-0_8_0_GNUGhostscript.exe

Install software yang baru saja didownload dengan cara diklik 2 kali. Pilih bahasa yang digunakan, saat ini hanya ada 2 pilihan bahasa yaitu Inggris dan Belanda, jalankan sesuai dengan perintah yang ada sampai dengan FINISH.

Setelah selesai install pada point 2 diatas, saya sarankan untuk menginstall Patch yang telah disediakan dengan cara download Patch02-PDFCreator-0_8_0.exe. Install Patch seperti pada point 2.

  • Jalankan program

Jalankan program yang telah diinstall, dengan cara klik START – All Programs – PDFCreator – PDFCreator. Kemudian akan muncul windows baru, klik document – add pilih file yang akan dijadikan PDF kemudian akan muncul windows baru lagi dan tekan SAVE.

Cukup sederhana bukan? PDFCreator bukan satu-satunya software yang dapat digunakan untuk membuat file PDF, ini hanyalah satu pilihan dari sekian pilihan yang ada di internet, silahkan cari di GOOGLE jika ingin mencoba-coba.

Adobe Reader 7 dapat juga digunakan untuk membuat file PDF, akan tetapi Adobe Reader 7 sudah mulai menggunakan lisensi, dan ini tentunya akan memberatkan karena harga lisensi yang mahal. Selain itu dapat juga digunakan OpenOffice baik versi Linux maupun Windows.

21 Replies to “Membuat PDF Dengan Mudah dan Cepat”

  1. aku Awang satrijana, mau mengomentari blog anda aku sangat penasaran dengan file pdf, sebenarnya file, pdf itu file untuk pengetikan atau pengolehan angka, dan pegramnya apa yang di gunakan..cukup sekian saja


    PDF merupakan salah satu jenis file yang dulu katanya digunakan oleh tentara Amerika untuk melakukan proteksi terhadap dokumen, tapi sekarang PDF sudah bisa digunakan oleh umum. Jadi PDF bukan untuk pengetikan atau pengolahaan angka, hampir semua file dapat dirubah menjadi PDF dengan extention *.pdf baik itu corel, word, excel, dll. Keunggulan file PDF bisa di password, bisa di setting hanya bisa dibaca tidak bisa diprint, dll. Program yang digunakan untuk membuat PDF bisa dilicoba seperti yang saya tulis pada artikel ini.

    Terima kasih udah mencoba kunjungi dan kasih komentar blog-ku.

    ESN+

  2. Bos Donwnload file ini nya >>>Patch02-PDFCreator-0_8_0.exe Dimana aku cari kok ndak ada adanfa cuma file >> PDFCreator-0_8_0_GNUGhostscript.exe mohon petunjuk yg jelas bos supaya gue ndak bingung !!!! Thx Bos

  3. Bos kirimin Patch02-PDFCreator-0_8_0.exe via email dong, makasih !!!! Thx Banget

    Download aja langsung ke situsnya di [download] ini adalah versi terbaru yang adapat didownload gratis.

    ESN+

  4. pagi, bagaimana jika saya menggunakan program widows 2000, apakah bisa menggunakan program dan software yang telah didowload? thank.

    Kayaknya aku dulu pertama kali malah menggunakan Windows 98 SE, aku pikir Windows 2000 bisa kok, alangkah baiknya dicoba dulu mas, aku disini pakai Windows XP Prof jadi gak bisa nyoba dengan Windwos 2000.

    ESN+

  5. “Mudah dan Cepat” nya saya pikir tidak kena mas karena kok rasanya terlalu banyak step. Kalau saya sih mengusulkan pakai OpenOffice http://download.openoffice.org/ untuk konversi (dan edit) file-file DOC, XLS, PPT (file-file MS Office).

    Untuk konversi ke PDF secara umum (file-file bukan MS Office), saya lebih suka menggunakan interface printer. Jadi semua software yang memiliki fasilitas PRINT bisa kita konversi isinya menjadi PDF. Untuk versi berbayar, saya gunakan Adobe Acrobat (bukan Adobe Acrobat Reader). Untuk versi Free saya gunakan PDF995. Kedua software tersebut hanya memasang sebuah Printer di komputer window kita.

    Untuk konversi file ke PDF cukup jalankan perintah PRINT dari software apa saja, dan pilihlah printer AdobePDF (atau printer PDF995) maka jadi lah satu file pdf. Saya banyak menggunakan cara ini untuk konversi html (web) ke pdf karena saya pikir menyimpan format html sangatlah ribet.

    Btw, selamat berdebar ria di malam pertamanya ya he..he..

  6. pertamax
    yang lengkap abby pdf transformer ndan, dia bisa bolak balik. create and transform hasilnya transform lumayan bagus dibanding program sejenis.

    sekedar info komandan, 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *