Membaca Isi File Teks ke dalam String dengan Fungsi file_get_contents()

Tips PHP kali ini akan membahas mengenai salah satu fungsi pada PHP untuk membaca isi file dan menampungnya ke dalam suatu string. Tips ini didasarkan pada pertanyaan salah seorang pembaca yang pada saat itu kebingungan ketika akan membaca isi suatu teks file dan ingin menampungnya pada sebuah data string.

Untungnya pada PHP terdapat suatu fungsi yang bernama file_get_contents(). Fungsi ini tugasnya memang membaca seluruh isi file dan kemudian ditampung ke dalam suatu string. Adapun sintaks dari fungsi file_get_contents() tersebut adalah sebagai berikut ini.

string file_get_contents ( string filename [, bool use_include_path [, resource context]])

Untuk menggunakannya sangat sekali, cukup Anda masukkan sebuah parameter yang isinya adalah suatu file yang hendak Anda baca. Contohnya adalah sebagai berikut ini. Diasumsikan Anda memiliki file teks yang bernama data.txt dan file tersebut hendak Anda baca isinya.

<?
$myfilestring = file_get_contents(“data.txt”);
echo $myfilestring;
?>

Simpan script di atas menjadi read_data.php, letakkan file tersebut dan data.txt pada folder web root Anda dan coba jalankan melalui web browser. Jika setelah Anda coba di browser tampilannya menjadi kacau? Jangan kuatir, itu bisa jadi karena data dikirimkan ke browser secara mode HTML yang mana karakter seperti n akan diabaikan. Untuk mengatasinya Anda bisa me-replace karakter n dengan tag <br>. Berikut ini contohnya.

<?
$myfilestring = file_get_contents(“data.txt”);
echo str_replace(“n”, “<br>”, $myfilestring);
?>

Contoh berikutnya adalah dengan menggunakan path.

<?
$fstr = file_get_contents(“/home/sonyak/public_html/data.txt”);
echo $fstr;
?>

Fungsi file_get_contents() ini tersedia pada PHP versi 4 dan setelahnya. Selamat mencoba.

Referensi:
– PHP Manual

Source: sony-ak.com