Fingerprint di Kantorku

Surabaya – Barusan aku baru saja melakukan scaning jari untuk input sistem absensi baru dengan fingerprint, lumayan ada kemajuan sih karena biasanya sistem absensi selalu pakai manual, tanda tangan diselembar kertas yang setiap pagi diajukan ke bagian UMUM untuk dikoreksi oleh UMUM. Ya semoga sistem absensi yang baru ini bisa memperbaiki sistem yang lama bukan hanya untuk ajang gengsi antar BUMN.

Tadi aku coba cari tahu merek fingerprint yang digunakan tapi tidak menemukan mereknya meski secara fisik aku sudah bolak-balik alat fingerprint yang digunakan toh aku tidak menemukan mereknya, yang ada hanya port lan card yang mungkin digunakan untuk transfer data hasil absensi ke komputer.

Biasa setelah melihat sistem absensi fingerprint kemudian muncul niat jahat, biasa aku langsung googling tentang how to hack fingerprint, tapi belum menemukan artikel yang bagus, kalau dalam fingerprint itu tidak ada sensor suhu mungkin bisa diakali, tapi kalau ada sensor suhu pikirku akan sulit, tapi kurang tahulah perlu eksperimen untuk mencoba mengakali sistem absensi fingerprint.

Sistem absensi baru – butuh ilmu baru – toh sistem canggih juga punya kelemahan bukan?