10 Jam Perjalanan Pulang Ke Jogja

Yogyakarta – Kemarin siang aku ditelpon oleh Pak Pandi yang menanyakan apakah aku pulang ke Jogja pada saat libur lebaran haji ini, dari telpon aku jawab kalau aku akan pulang ke Jogja bersama Ika menggunakan bus Eka malam jam 21.00, tapi Pak Pandi mengajakku pulang bersama sampai di Solo karena Pak Pandi akan ke Salatiga via Boyolali, akupun menyepakati tawaran tersebut karena memang akan lebih mengenakkan diperjalanan dengan menggunakan mobil pribadi.

Rencana berangkat dari Surabaya jam 14.00 tapi karena suatu hal baru bisa berangkat pada jam 16.00 dari kantor, perjalanan untuk keluar Surabaya aku putuskan melalui tol karena feelingku kalau sampai lewat Jalan A. Yani pasti macet total, ternyata feelingku benar untuk menempuh perjalanan tol sepanjang +/- 12 km dari Dupak dibutuhkan waktu hampir 2 jam, ekor kemacetan yang aku dengarkan dari Radio Swara Surabaya (FM 100.00) sudah sampai pada Km 6 pada pukul 18.00 waktu itu posisiku berada pada Km 12 sekitar 500 m sebelum pintu keluar tol Waru. Berhubung volume kendaraan yang akan menuju Waru macet total akhirnya diputuskan untuk ke Sidoarjo dulu baru menuju ke Krian dan perjalanan lancar dengan volume kendaraan sedikit. Keluar pintu tol Sidoarjo saja baru pukul 18.45-an, wah bener-bener macet total di Bundaran Waru.

Perjalanan dari Krian – Mojokerto – Jombang – Kertosono – Caruban – Ngawi – Sragen – Solo lancar-lancar saja, bahkan sepanjang perjalanan sama sekali tidak ada bus yang mendahului mobil yang aku tumpangi, bahkan ketika memasuki Solo aku sempat bilang sama Pak Pandi jangan-jangan tidak ada bus ke Jogja sehingga aku harus nunggu pagi untuk sampai Jogja, tapi setelah 10 menit aku duduk-duduk di terminal akhirnya ada bus Eka jurusan Megelang, ya akhirnya dapat bus juga.

Sepanjang perjalanan Solo – Jogja mataku ngantuk sekali, karena aku memang tidak tidur disepanjang perjalanan, maklum aku harus mengganti Pak Pandi nyupir mulai dari Caruban sampai dengan Solo, dan disepanjang perjalanan aku memang sulit untuk tidur. Selama perjalanan Solo – Jogja aku tertidur pulas dan bangun tiba-tiba sudah ada di deket bandara Adi Sucipto Jogja.

Sampai diterminal Jombor sekitar pukul 2.30 dini hari, wah perjalanan yang sangat melelahkan karena perjalanan Surabaya – Jogja harus aku tempuh dengan waktu yang cukup lama.