Poles Sendiri Lampu Mobil (Head Lamp) yang Jamuran

Bojonegoro – Beberapa waktu yang lalu setiap kali habis membersihkan mobil dalam hatiku selalu bertanya-tanya, kenapa lampu depan (head lamp) mobilku terasa kasar dan seperti ada pelapis transparan (mirip dengan pernis) yang memenuhi semua permukaan lampu utama, setelah bertanya-tanya akhir ketemu juga jawaban, yaitu kasar yang ada adalah karena jamur (baru tahu aku ternyata jamur ada yang transparan juga, pikirku).

Setelah ketemu teman yang biasa merawat mobil-mobil kuno, dan aku cerita perihal lampu mobilku tersebut akhirnya aku diberi penjelasan bagaimana cara menghilangkan jamur tersebut sendiri tanpa harus dibawa ke tukang poles lampu, pikirku lumayan irit kalau bisa melakukan sendiri. Akupun harap-harap cemas, bagaimana jika nanti gagal pasti beli head lamp lagi yang original pikirku dalam hati.

Kebetulan alat dan bahan yang dibutuhkan oleh temanku tersebut aku punya :

1. Amplas/kertas gosok 1000, jika amplas masih baru maka perlu di gosok-gosokkan antar amplas agar lebih halus.
2. Kain halus, beli di toko bangungunan

3
3. Kompon putih

2
4. Silicone Glaze product dari Amway

1
5. Nasi bungkus.

nasi bungkus

Setalah alat & bahan tersebut sudah tersedia akhir pekerjaan dimulai, pertama yang harus dilakukan adalah membahasi kaca lampu dengan dengan air dan sedikit digosok dengan kertas amplas 1000 yang pernah digunakan, digosok secara perlahan sampai jamur menipis, seperti gambar berikut.

Setelah selesai digosok dengan amplas 1000 langkah selanjutnya adalah dioleskan kompon putih dan digosok perlahan-lahan dan diulangi berkali-kali, seingatku sekitar 7 kali kompon.

4

Setelah kompon selesai baru diberi Silicone Glaze secukupnya dengan cara dioleskan secara merata, dibiarkan agak kering sedikit dan digosok-gosok dengan kain halus yang bersih dan diulangi sekitar 4 kali. Hasilnya luar biasa, kaca lampu yang banyak jamur kembali seperti semula dan kinclong seperti gambar berikut tanpa ada jamur.

5

Untuk perawatan seminggu sekali aku selalu menggunakan Silicone Glaze setelah selesai mencuci untuk membersihkan kaca head lamp mobil. Selamat mencoba tapi segala resiko tanggung sendiri ya, yang jelas jika head lamp tersebut original dipastikan berhasil, meskipun bukan jaminan, tergantung siapa yang mengerjakan.