Doa Ibu

Ponorogo – Sesaat sebelum saya berangkat ke Jogja untuk menyusul 2 kakak yang telah kuliah di UGM dari sebuah desa di kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun Jambi. Saya sempat bertanya ke Ibu. Ibu cita-cita dalam hidupnya apa? Dan Ibu menjawab “bahwa ingin anak-anaknya (4 org) bisa kuliah di UGM semua” waktu itu saya merasa punya tanggungjawab yang berat, karena saya dari sekolah desa dan saya adalah alumni ke 5 setelah SMU saya menjadi Negeri tur ora pinter.

Saya ingat betul waktu ujian UMPTN ibu sampai nyusul ke jogja untuk nunggoni dan selalu memberi semangat. Waktu itu ibu yakin sekali bahwa saya bisa masuk UGM. Atau mungkin feeling seorang ibu sampai beliau bisa bicara seperti itu ke saya. Dan alhasil saya bisa keterima di UGM.

Rasa dag dig dug belum juga selesai. Waktu Adik saya yang paling kecil ikut UM UGM hati saya juga cemas. Karena saya selalu teringat cita-cita ibu tadi. Tapi saya tidak pernah cerita ke adik saya perihal cita2 itu. Dalam hati pas adik ikut UM UGM ya sempat ragu juga, tapi akhirnya Adik bisa lulus di UM UGM juga.

Lengkaplah ke 4 anaknya lulus dari UGM semua, Mas Jayan (T. Mesin 91), Mbak Ida (Fisika 94), Saya (FKT 98) & Singgih (Perikanan).

Terima kasih untuk Ibu atas segala doa untuk anak-anakmu hingga ke 4 anak-anaknya bisa lulus S1 dari UGM semua. Maafkan anak-anakmu jika pernah berbuat salah terhadap Ibu.