Cara Akses Modem Huawei HG8245H dari Internet

Malang – Setelah berlangganan paket indihome paling kecil 10 MB dan internet sudah berjalan dengn baik, meskipun harus menunggu 4 harian baru aktif maka keingintahuanku selanjutnya adalah bagaimana modem tersebut agar dapat diakses dari internet, biar pada saat aku berada diluar rumah masih tetap bisa akses modem tersebut. Minimal mengetahui siapa saja yang sedang akses WiFi di rumah.

Caranya ternyata cukup mudah, silahkan search aja di google dengan keyword “my real ip address” kemudian pilih salah satu web hasil pencarian tersebut. Nanti akan muncul sebuah ip address dari modem yang kita gunakan itu. Hanya saja ip tersebut adalah dinamis, dalam arti setiap waktu pihak indihome dapat merubahnya sehingga jika kita berada diluar rumah akan kesulitan menentukan ip addressnya karena bisa jadi sudah diganti oleh Indihome karena sifatnya yang dinamis. Kalau gak percaya coba aja restart modemnya maka ip tersebut akan berubah. Lantas bagaimana jika kita sedang tidak dirumah dan mengetahui ip tersebut? Jawabannya ada banyak, yaitu menggunakan layanan ddns atau dengan mikrotik sudah ada layanan cloud. Kalau ingin menggunakan layanan ddns yang free alias gratis juga banyak dan yang paling terkenal adalah no-ip.com dan untuk next time akan kita bahas layanan IP Cloud dari Mikrotik tersendiri.

Kalau ingin mengunakan layanan ddns Indihome juga ada dan harus berbayar sekitar Rp. 15.000,- perbulan, bisa dilihat di
https://store.indihome.co.id/front/view_product/251 yang pembayarannya langsung ikut tagihan Indihome setiap bulannya. Kenapa aku tidak menggunakan layanan ddns dari Indihome karena berbayar tadi. Misal tidak berbayar mungkin aku menggunakan layanan ddns Indihome tersebut.

O ya kalau sudah ketemu ip addressnya tinggal ketik di browser ip tersebut maka akan mendapatkan tampilan seperti kita mengakses modem dari lokal. Mudah bukan…. untuk tulisan selanjutnya adalah bagaiman setting mikrotik dasarnya.