Solusi Dynamic IP Public dengan IP Cloud Mikrotik RB931

Sedati – Beberapa waktu lalu sempat mencoba beli Mikrotik RB931nd untuk router di rumah. Harganya murah dan cukup kalau untuk router rumahan, ya sekitar 20 pengunaan. Berhubung posisiku kalau Senin sampai Jumat ada di Malang, maka aku mencoba mencari cara untuk bisa mengakses mikrotik dari jaringan internet.

Caranya lumayan ribet buat pemula memang, karena tipologi jaringannya adalah Internet 》Modem Indihome 》 Router 》 user. Maka yang dilakukan pertama adalah melakukan port forwading pada modem indihome ip router. Kebetulan modem indihome dari telkom adalah Huawei yang menurutku lebih mudah dilakukan settingbdibanding ZTE F609.

Langkah mengaktifkan ip cloud adalah sebagai berikut:

  1. Logging mikrotik melalui winbox.
  2. Pilih IP 》 cloud, dan centang enable lalu tekan force update
  3. Jika berhasil akan mendapat ip address dan subdomain dari jaringan internet.

Karena tipologi jaringan internet seperti diatas maka setiap ip address yang didapat diakses akan membuka halaman modem. Langkah selanjutnya adalah melakukan port forwading (port 80) agar ketika diakses bisa masuk ke mikrotik langsung.

Setelah port fordwading dilakukan untuk port 80 agar bisa akses mikrotik, langkah selanjutnya adalah setting NAT pada mikrotiknya. Jangan lupa merubah port 80 di mikrotik diganti selain 80, caranya di menu IP 》 service dan port 80 dirubah terserah, karena port 80 nantinya akan digunakan untuk akses dari ip dynamic public.

Ruwet ya … memang … hahaha ..