Caraku Membatasi Anak Bermain Internet

Malang – Semalam aku membaca status teman di Facebook tentang anak-anak yang kecanduan HP untuk main games dan internet. Jadi ingat beberapa waktu lalu bagaimana mengatur agar kedua anak ku tidak kecanduan mainan HP untuk internet seperti mutar youtube maupun main games aplikasi di Android.

Pernah berfikir waktu itu untuk tidak membari mainan HP, tapi kasihan juga karena kerjaan setiap hari kalau dirumah hanya nonton TV atau muter DVD kartun. Sementara keponakan kalau main kerumah selalu mainan HP, akhirnya aku memutuskan untuk memberi HP dan tablet, kebetulan ada HP bekas dan Tablet Android yang sudah tidak aku gunakan lagi. Akhirnya dua android itu aku bagi yang Tablet untuk Adek dan HP android untuk Kakak, itupun hanya aku berikan jika weekend atau hari libur saja.

Akhirnya aku mengaktifkan internet untuk kedua HP itu, aku merasa setiap weekend anakku hanya mainan games di hp terus. Akhirnya aku putuskan untuk tidak memberi HP saat weekend dengan alasan lupa ketinggalan di Malang. Sempet marah-marah kalau aku pulang, kadang sampai membanting pintu karena aku bilang ketinggalan di Malang, tapi aku selalu memberi penjelasan kalau main HP dan internet harus ada pembatasan, karena bisa menambah minus kacamata dan malas belajar.

Bulan Oktober 2019 kemarin aku coba membeli Komputer PC dengan speksifikasi yang lumayan tinggi, memang tujuanku adalah untuk PC Gamer, 1 CPU-nya saja habis 7 juta belum 2 monitornya (karena aku menggunakan multiseat jadi 1 CPU bisa digunakan 2-6 monitor berjalan sendiri-sendiri). Tujuannku adalah kalau dengan PC aku lebih mudah mengatur mainan internetnya. Selain PC jaringan internet juga aku tambahi router gateway dengan mikorik, lengkap sudah.

Multiseat dengan menggunakan software Aster dari IBIK

Dengan adanya PC Games itu akhirnya bisa lepas dari HP walau terkadang masih pinjam-pinjam hp ku atau bundanya, terkadang masih bertanya tentang HP yang aku simpan itu.

Melalui PC dan mikrotik aku lebih leluasa mengaturnya, semua games yang aku intstall adalah game online sehingga jika tidak ada koneksi internet tidak akan bisa jalan. Dengan mikrotik itu aku bisa :

  1. Mengatur waktu kapan mengakses atau tidaknya internet untuk PC dan TV.
  2. Melakukan blokir konten yang tidak boleh di akses anak-anak.
  3. Blokir youtube dan games online di HP Bundanya.

Sekarang waktu main internet sudah jelas, hari Senin – Jumat hanya bisa main internet 1 jam mulai pukul 17.00 – 18.00 setelah itu internet otomatis disconnect. Untuk hari Sabtu – Minggu hidup mulai pagi sampai jam 13.00, jam 13.00 – 17.00 otomatis mati dan baru hidup lagi pukul 20.00-21.00 dan sudah tidak bisa lagi meminjam hp bundanya karena tidak bisa digunakan akses youtube dan game online.

Semula anak-anak protes dengan kebijakan ini dengan berbagai alasan tapi lambat laun juga paham setelah dijelaskan. Semoga saja tidak kecanduan internet.