Memperbaiki Gagal Booting atau Blue Screen Pada Windows 10

Sedati – Siang tadi sehabis jam 12 aku coba update driver Windows 10 Pro pada PC yang ada dirumah, baru restart sama anakku yang paling kecil tombol powernya ditekan dan dihidupkan lagi, akhirnya gagal booting. Coba otak-atik gak ada hasil, padahal aku tidak mempunyai CD buat recovery Windows 10 Pro ini.

Alhasil ambil laptop yang versi Windows 10 Home, kira-kira bisa tidak ya membuat booting recovery dari Windows 10 Home untuk Windows 10 Pro. Yang jadi masalah ada ketika akan membuat recovery dari laptop ku dibutuhan flash disk lebih dari 30 GB, padahal flashdisku udah kapasistas 32 GB tetap tidak bisa, dengan berat hati akhirnya eksternal hardisk yang 320 GB dijadikan recovery booting.

Cara membuat booting recovery juga sangat mudah, tinggal ketik “create a recovery disk” dari menu run (Win + R). Ikuti langkah-langkahnya saja sampai membuat recovery disk tersebut selesai. Kalau data recovery yang aku buat agak besar sekitar 32 GB, gak tahu apa saja yang direcovery sama windows laptoku ini.

Setelah selesai membuat booting recovery langkah selanjutnya adalah menghidupkan komputer/laptop yang gagal booting tersebut, setelah loga bios muncul pilih F7 (masing-masing motherboard berbeda, intinya yang masuk safe mode.

Setelah masuk cari menu yang recovery booting, disana banyak pilihan. Lumayan agak lama recoverynya sekitar 10 menitan … mungkin karena file recoverynya besar.