Akan Muncul Mesin Cari Khusus Programmer

Jakarta, Berjelajah kode program di internet, biasanya dilakukan melalui mesin cari umum. Saat ini, sebuah perusahaan tengah menyiapkan mesin cari khusus untuk itu, dengan harapan memudahkan para programmer.

Perusahaan baru di Silicon Valley ini, mengkalim akan mengeluarkan mesin cari yang memudahkan programmer untuk mencari kode sumber (source code).

Kode sumber merupakan baris-baris perintah yang menyusun suatu program komputer, sehingga software bisa berjalan seperti yang diperintahkan.

Mencari kode sumber biasanya dilakukan melalui mesin cari umum seperti Google, tapi layanan itu tidak benar-benar menyatukan kode yang berserakan.

Lalu layanan baru disiapkan, memakai nama Krugle, seperti nama perusahaan pembuatnya. Motivasi di balik Krugle adalah realitas bahwa membuat program tidak hanya menuliskan kode perintah (coding), tapi juga perlu menyelami dokumentasi projek, informasi lisensi, petunjuk-petunjuk dan lain sebagainya.

Perusahaan penggagas Krugle mengklaim, mesin cari ini mampu menyediakan informasi penting yang dibutuhkan para programmer.

“Krugle adalah mesin cari khusus untuk para programmer,” kata CEO Krugle, Steve Larson, seperti dilansir detikINET dari Softpedia, Kamis (09/02/2006).

“Dewasa ini, programming lebih menekankan pada efisiensi assembling dan pengintegrasian kode. Itu lebih kepada membuat kode baru dari potongan-potongan kode. Masalahnya adalah, menemukan dan mengevaluasi kode yang sudah tersedia akan menyita lebih banyak waktu. Tujuan Krugle adalah untuk memecahkan masalah ini,” papar Larson.

Saat ini Krugle masih dalam tahap beta. Bagi yang ingin jadi yang pertama menikmati layanan ini, peminat diharuskan mendaftarkan diri di beta test www.krugle.com

Keterangan di situsnya menyebutkan, layanan ini dijadwalkan meluncur Maret 2006. Hmmm… bakal sehebat apa ya? (nks)(nks)

Source: detikinet.net

avatar
  Subscribe  
Notify of