Awas! Mouse di Warnet Sebarkan Bakteri

Jakarta, Mouse yang terpasang pada warung internet (warnet) ternyata merupakan pembawa bakteri terbesar kedua di tempat umum. Demikian hasil studi Consumer Protection Board di Korea.

Studi itu menemukan, bakteri staphylococcus aureus banyak berdiam pada perangkat komputer di fasilitas umum seperti warnet, terutama pada mouse. Bakteri ini diyakini bisa menyebabkan infeksi bila terkena luka yang terbuka.

Penemuan ini juga menjelaskan bahwa mouse komputer merupakan pembawa bakteri terbesar kedua, lebih banyak dari gagang pintu pada WC umum dan pegangan gantung pada bus. Demikian seperti yang dikutip detikINET dari Techweb, Jumat (17/02/2006).

Meski begitu, posisi nomor satu penyebar bakteri adalah pegangan pada kereta belanja. “Jalan yang paling baik untuk menghindari terkena bakteri ini adalah mencuci tangan setelah menggunakan fasilitas umum,” Korean Consumer Protection Board mengimbau.

Menurut studi itu, lebih dari 77 persen orang tidak sadar betapa pentingnya mencuci tangan. Diketahui hanya 47,9 persen orang mencuci tangannya setelah menggunakan fasilitas publik.

Dengan adanya penemuan ini, ada baiknya Anda mencuci tangan setelah menggunakan mouse di warnet. Atau, pakai sarung tangan saja? (amz/wsh)

Source: detikinet.com