Bingung Pilih Lebaran ??????

[Yogyakarta] Bingung memilih hari lebaran? sama dong dengan aku, semalam aku sempat dibuat bingung karena adanya perbedaan antara yang diumumkan oleh Departemen Agama dengan Muhammadyah. Mana yang harus kita pilih? tanggal 23 atau tanggal 24?

Pencarian di internet terus aku lakukan untuk mencari kepastian tentang hari Idul Fitri 1427 H, detik.com adalah salah satu situs yang selalu aku kunjungi karena beritanya up to date. Berita yang ada di detik.com memuat bahwa pemerintah menetapkan hari raya jatuh pada tanggal 24 oktober 2006, sementara perwakilan dari Muhammadyah tetap pada pendiriannya bahwa 1 Syawal 1427 H jatuh pada hari Senin 23 Oktober 2006.

Mana yang harus kita ikuti? Pemerintah atau Muhammadyah? Pemerintah sebagai wakil dari masyarakat seharusnya tidak membuat bingung warganya, hari ini Detik.com memuat berita tentang Fatwa OKI yang menyatakan lebaran jatuh pada tanggal 23 Oktober 2006, akan tetapi keputusan pemerintah tetap melaksanakan shalat Id pada hari selasa 24 Oktober 2006.

Perbedaan antara Pemerintah dan beberapa ormas Islam dalam menetapkan 1 Syawal adalah hal yang sangat biasa, karena adanya metode yang berbeda dalam menetapkan tanggal 1 Syawal. Yang penting tergantung pada pendirian kita masing-masing dan menyakini kebenaran akan hari yang dipilih. Selamat Idul Fitri 1427 H.