Cek Lokasi Trubusan di BWIU dan BWIS

Yogyakarta – Sejak tanggal 13-15 Maret 2007 aku, Mas Edi dan teman-teman dari Pusbanghut Cepu (Pak Diana & teman) serta SPH V Jember (Billy dan Teman), melakukan cek lapangan untuk rencana pembuatan kebun pangkas. Rencana lokasi tersebut adalah di BKPH Bajulmati Banyuwangi Utara (BWIU), BKPH Karetan dan BKPH Genteng di Banyuwangi Selatan (BWIS).

Untuk wilayah Bajulmati, pada dasarnya bagus hanya saja air yang sangat terbatas walaupun sepanjang tahun sungai dengan debit 20m3/dt (pada musim penghujan) tersebut terus mengalir, kondisi solum juga mencukupi sekitar 50 cm dengan topografi cukup datar. Persoalan tenaga kerja juga tidak menjadi masalah karena pada lokasi tersebut terdapat Magersari (Magersaren) yang berjumlah sekitar 35 KK.

Untuk wilayah Karetan lokasi cukup bagus, yang menjadi kendala adalah pada calon kebun pangkas masih terdapat tegakan dengan deameter sekitar 20 cm dan air yang pada saat musim kemarau terbatas karena menggunakan saluran irigasi yang digunakan oleh masyarakat, sementara pada musim kemarau air selalu digilir sehingga jadwal 3 hari mati dan 4 hari hidup diberlakukan.

Pada BKHP Genteng, wilayah yang digunakan sebagai calon kebun pangkas adalah RPH Pecinan, dimana pada RPH ini lokasinya cukup strategis, topografi datar, air selalu mengalir sepanjang tahun (dari Sungai Kutang), hanya saja lokasi tersebut merupakan tanah konflik dengan masyarakat sejak tahun 1942.

Ternyata aku mendapat pelajaran baru ketika melakukan cek lapangan untuk kebun pangkas, dan aku harus mabuk durian selama 2 hari setelah di traktir makan durian oleh Bang Lutfi (Asper BWIU).

avatar
  Subscribe  
Notify of