Ikut Team Pemuliaan Pohon Ke Banyuwangi & Situbondo

Surabaya – Malam nanti aku dan kawan-kawan (Kang Mul, Bang Yos dan Kang Beny) dari Binhut Unit II Jawa Timur sebagai Team Pemuliaan Pohon tingkat unit. Di Banyuwangi tim akan berkunjung ke KPH Banyuwangi Selatan (Jati) dan KPH Banyuwangi Utara (Rimba/Pinus). Total hari selama kunjungan adalah 5 (lima) hari.

Berangkat rencana menggunakan Kereta Api (KA) dari Stasiun Gubeng berangkat pukul 22.45 WIB, sementara Bang Yos dan Kang Beny berangkat dari Stasiun Sidoarjo. Menurut jadwal KA akan sampai di Banyuwangi sekitar pukul 06.00 WIB kalau tidak mengalami keterlambatan di jalan.

Setelah selesai di Banyuwangi, tim akan berangkat ke KPH Bondowoso di Kab. Bondowoso, disana tim akan melakukan survey untuk pemuliaan pohon.

Ini adalah kali pertama aku mengikuti tim peluliaan pohon, secara teoripun aku belum pernah mendapatkan ketika kuliah, inilah bentuk kesalahan kurikulum di bidang kehutanan, dimana dengan adanya sistem jurusan telah mengkotak-kotak mahasiswa sejak dini, sehingga basic ilmu kehutanan malah tidak didapat, tapi apaboleh buat semua telah terlanjur, semoga kedepan kurikulum ilmu kehutanan semakin mapan dan sesuai dengan pasar yang membutuhkan.

Secara praktek dilapangan sebenarnya sama dengan apa yang telah aku lakukan di Getas-Ngawi ketika mengikuti Praktek Umum (PU) Jawa, dimana nantinya akan membuat PU dengan luas 0.1 Ha serta mengukur tinggi pohon untuk menentukan bonitanya.

avatar
  Subscribe  
Notify of