Baru Pulang Dari Kediri

Surabaya – Semalam aku baru saja pulang dari Kediri, mulai dari tanggal 4 Mei 2007 kemarin aku mendapat tugas untuk melakukan evaluasi PHBM di KPH Kediri. Sampai dengan 2007 ini KPH Kediri telah berhasil menyelesaikan perjanjian dengan LMDH sebanyak 189.

Dalam penilaian PHBM ada beberapa indikator yang dilakukan penialian, yaitu sosial, ekonomi, dan lingkungan. Dari hasil wawancara dengan pengurus LMDH dapat diketahui bahwa sampai dengan 2007 secara garis besar masalah yang dihadapi LMDH adalah modal, pelatihan dan pendampingan untuk penguatan organisasi.

KPH Kediri memiliki wilayah pangkuan di 4 kabupaten di Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Kediri, Nganjuk, Tulung Agung dan Trenggalek. Jumlah LMDH terbanyak adalah di Kabupaten Trenggalek yang mencapai sekitar 60%.

Dari hasil penilaian, LMDH di KPH Kediri rata-rata masuk pada kriteria Madya, sementara yang mandiri hanya beberapa LMDH saya, terutama LMDH-LMDH yang sudah memiliki usaha untuk mengembangkan LMDH baik secara intern maupun ekstern.

avatar
  Subscribe  
Notify of