Singo Kromo Water Fall

Surabaya – Kalau Anda punya kesempatan jalan-jalan ke Kab. Nganjuk, jika memiliki waktu luang yang lebih banyak silahkan mengunjung air terjun Singo Kromo yang ada di BKPH Pace. Lokasi air terjun Singo Kromo berdekatan dengan air terjun Sedudo yang sangat terkenal di Jawa Timur.

Saat ini pengelolaan Singo Kromo dilakukan oleh masyarakat setempat (LMDH), dimana besar retribusi belum ditentukan sehingga masih bersifat sukarela. Pada hari-hari tertentu (hari libur) pendapatan dari pengunjung sekitar Rp. 500.000,-.

LMDH mempunyai inisiatif untuk melakukan pengelolaan Singo Kromo dengan Perum Perhutani (KPH Kediri), akan tetapi usulan LMDH masih belum mendapat tanggapan karena proposal yang diajukan oleh LMDH belum lengkap dan masih harus dikoreksi, meskipun KPH telah memberi lampu hijau dalam hal ini.

Lokasi Singo Kromo juga sangat mendukung untuk pengelambangan tanaman hortikultura yang nantinya dapat di jual kepada pengunjung, potensinya mirip dengan yang ada di Sarangan.

Selain itu perlu dilakukan kajian tentang pengelolaan Singo Kromo secara ekonomi, lingkungan dan sosial agar kedepan pengelolaan air terjun Singo Kromo dapat memberi manfaat, baik masyarakat sekitar, pengunjung dan Perum Perhutani.

avatar
  Subscribe  
Notify of