On Job Training Kebun Pangkas

Surabaya – Tanggal 30 – 31 Juli 2007 kemarin aku mengikuti kegiatan On Job Training Kebun Pangkas yang diakan oleh KPG Padangan yang acaranya dilaksanakan di Cepu Jawa Tengah di Hotel Cepu Indah 2 dan Puslitbang Cepu. On Job Training Kebun Pangkas dihadiri oleh KASI PSDH, Kaur Tan atau staff dari 17 KPH yang rencananya akan dibangun kebun pangkas tahun 2007 ini untuk produksi bibit jati dari hasil klon.

Kebun pangkas merupakan hal yang tidak baru menurutku, karena pada tahun 2001 aku pernah mengunjungi Puslitbang Cepu untuk mempelajari kebun pangkas meski cuma 2 hari.

Pada acara On Job Training Kebun Pangkas aku mendapatkan pengetahuan baru tentang ilmu kebun pangkas mulai dari proses membuat kebun pangkas sampai dengan proses produksti stek pucuknya yang siap untuk didistribusikan.

Cukup mengagumkan proses penelitian yang dilakukan oleh Puslitbang Cepu, karena proses pemuliaan pohon yang dilakukan begitu lama dan rumit, dan yang menjadi kebanggaan adalah ini merupakan kebun pangkas pertama yang dilakukan di dunia untuk tanaman Jati (Tectona grandis).

Dari hasil pemaparan Pusbanghut aku jadi paham sekarang tentang kebun pangkas dan tata cara melakukan penanaman yang baik untuk jenis JPP (Jati Plus Perhutani).

avatar
  Subscribe  
Notify of