Perbedaan….(gw abis debat sama temen gw)

Tadi gw chat sama temen gw, dan dia rada complain sama foto gw waktu di Vatikan. Menurut dia, kenapa ada foto itu? dan kenapa gw merasa bangga foto di situ? secara menurut dia, gw muslim dan berjilbab. kenapa gw gak foto di Mekah? kenapa gak sekalian gw ikutan ke gereja?

Gw gak sepakat dengan dia, gw foto di sana karena gw kebetulan perginya ke Itali. Mungkin kalo gw ke Arab, gw akan foto depan Mekah. Dan gw gak merasa bangga sama, biasa aja tuh foto di sana. Gw lebih pada liat moment aja. Gw bilang ke dia, temen gw pastor di Vatikan, dan kita fine-fine aja berteman.

Gw cerita sama dia, kalo waktu di sana (San Gigmignano, baca = San Jiminyano), gw sempet mampir sama temen2 dari Indonesia ke gereja temen gw, dan kita diterima baik sama mereka. Dan gw sempet sholat di sana (kita nginep di asrama gitu deket gereja).

Yah, gw lebih pada ‘untukmu agamamu, untukku agamaku’, dan bukankah nabi menekankan kita bebas berteman dengan siapa aja?. Mungkin maksud temen gw itu baik, mencoba mengingatkan gw, dan gw makasih banget untuk yang itu. Tapi kalo nyuruh gw buat gak pasang itu foto, buat gw, itu lebih pada hak gw untuk pasang foto yg gw suka. Dan gak ada hubungannya sama agama.

Gw yakin, perbedaan pendapat pasti akan ada. Karena tiap orang punya nilai dan karakter masing-masing. Dan kita sah-sah aja kok punya nilai yang beda.

Itulah indahnya perbedaan…..(baca tulisan gw tentang perbedaan nilai di blog fs gw)