Dapat Project Edit Plogger Gallery

Surabaya – Kemarin aku chat sama masku yang ada di Jepang, dia bilang kalau dapat project dari dosennya (aku lupa dalam Jepangnya apa) untuk membuat Gallery tentang majalan dan tidak punya waktu untuk melakukan re-scripting/re-coding karena kesibukan menyelesaikan disertasinya dan menyerahkan ke aku untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Setelah aku dikirimin file Plogger Gallery dan aku coba install di laptop dan aku pelajari ternyata codingnya lumayan sulit, butuh waktu 1 jam aku pelajari alur pikirnya dan akhirnya aku menemukan ternyata tidak begitu sulit untuk melakukan re-coding lagi sesuai dengan keinginan masku, akupun bereksperimen untuk menambahkan 1 filed dalam database MySQL-nya.

Untuk menambah field database MySQL aku menggunakan software pembantu yaitu MySQLFront, lumayan memudahkan ketika harus menambahkan 1 atau lebih field dalam database, tinggal klik-klik dan jadi deh.

Tadi aku sempat kirim hasil re-coding yang aku lakukan dan tinggal nunggu respon lebih lanjut. Tapi aku juga suruh merubah bahasa kedalam bahasa Jepang, ya akhirnya aku harus membuat 1 file yang digunakan untuk translet bahasa dari Ingris ke Jepang, semoga bisa. Secara kasar aku sudah mempelajari dan kayaknya bisa, tapi belum dicoba.

Ada satu hal yang membuat aku bertanya-tanya pada diriku sendiri, setelah hampir 1.5 tahun aku tidak mainan PHP ternyata banyak yang lupa coding-nya he he he.

avatar
  Subscribe  
Notify of