Dua Tahun ESN Online

Surabaya – Tak terasa sudah 2 tahun web site ini online, pertama kali online web ini pada tanggal 13 November 2005, waktu itu desain web masih sangat sederha dan hasil dari karyaku sendiri yang dapat dilihat di archive.org, ini adalah kayaku kedua setelah DARAWEB.COM. ESN pertama kali aku buat dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL database yang aku pelajari secara autodidak dan hasil diskusiku dengan beberapa teman yang paham tentang PHP dan MySQL database seperti Guntur, Bernard dan Forum Linux.

Setelah jenuh dengan web hasil desainnan sendiri akhirnya aku menemukan CMS Indonesia yang sangat sederhana yaitu AuraCMS yang dibuat oleh programmer PHP asal semarang. Aku menggunakan AuraCMS sekitar 1 tahun lebih. AuraCMS yang aku gunakan telah banyak aku modifikasi karena aku menemukan beberapa celah keamanan dalam coding Aura CMS yang perlu diperbaiki. Di AuraCMS aku berhasil membuat Gallery dengan menggunakan AJAX, akan tetapi gallery tersebut tidak bisa jalan pada browser opera, ya aku kurang tahu kenapa di Opera tidak bisa jalan sama sekali, berhunung aku sudah tidak punya waktu lagi setelah tinggal di Surabaya maka Gallery AJAX yang aku buatpun tidak aku perbaiki.

Akhir puasa kemarin aku mencoba baca-baca di Forum Pandela dimana aku hosting untuk ESN ini, ternyata WordPress bisa digunakan di Pandela walaupun space database hanya 3 Mb. Akupun mencoba untuk melakukan perubahan CMS dari AuraCMS ke WordPress, proses perubahan membutuhkan waktu sekitar 1 hari karena aku harus upload ke server file-nya satu-satu karena port 21 di tutup oleh admin Jogjamedianet. Setelah selesai upload aku coba juga untuk transfer database dari AuraCMS ke WordPress, wah ternyata aku mengalami kesulitan lagi, aku sudah membuat file yang dapat secara automatis memindahkan database dari AuraCMS ke WordPress tapi hasilnya gagal terus karena beberapa artikel yang ada didatabase AuraCMS banyak mengandung tanda ; (titik koma), aku sudah melakukan str_replace(), tapi hasilnya tetap saja bermasalah, akhirnya aku harus memindahkan database secara manual, ya perjuangan.

Setelah wordpress berjalan dengan lancar aku baru mencari themes yang pas untuk ESN, aku ingin cari themes yang tidak norak tapi enak dipandang, jatuhlah pilihan pada themes yang aku gunakan ini, simple, sederhana tapi enak dipandang.

Saat ini umur ESN sudah 2 tahun mau aku jadikan apa ESN kedepan? atau tetap saja seperti ini sebagai ajang curhatku ketika aku sudah tidak bisa lagi bercerita kepada orang yang ada disekelilingku dan unek-unek itu aku tuliskan di ESNini? …. entahlah yang penting berjalan dulu saja.

Terima kasih buat Pandela.Com yang telah memberi hosting untuk ESN secara cuma-cuma selama 2 tahun ini.