Membuat Gateway Dengan Linux Floppyfw

Surabaya – Barusan aku teringat kalau 2 tahun yang lalu pernah baca di situs sony-ak.com tentang membuat gateway dengan linux floppyfw. Setelah search di Google dan akhirnya aku menemukan tulisan yang aku maksud dan langsung mempraktekkan. Dikantorku memang sudah ada komputer gateway yang digunakan sehari-hari yang aku buat dengan Microsoft Windows XP, tapi setelah aku ingat tulisan di sony-ak tersebut aku jadi ingin mempraktekkan apa yang ada pada tulisan tersebut. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Siapkan disket kosong dalam kondisi bagus.
  2. Download file floppyfw-current.img pada link berikut [download] dengan cara klik kanan kemudian save link as …
  3. Download file rawrite2.exe [download], ini digunakan untuk membuat image dari floppyw menuju ke floppy disk Anda.
  4. Rubah floppyfw-current.img menjadi floppyfw.img dan letakkan dalam satu folder bersamaan dengan file rawrite2.exe, kalau aku langsung aku copykan kedalam drive C aja biar enak.
  5. Kemudian masuk RUN – cmd dan masuk ke drive C atau folder dimana diletakkan file floppyfw.img dan rawrite2.exe tadi.
  6. Masukkan disket baru dedalam floppy drive
  7. Jalanlan rawrite2.exe dengan mengetikkan perintah rawrite2.exe -f floppyfw.img -d a:
  8. Kemudian tekan ENTER
  9. Tunggu beberapa saat, tidak sampai 1 menit proses sudah selesai.
  10. Lakukan editing pada file config yang terdapat pada disket setelah proses selesa, berhubung di kantorku Address type-nya DHCP maka yang aku rubah hanya DHCP DAEMON=n ku rubah menjadi DHCP DAEMON=y agar client tidak perlu mensetting IP ketika akan melakukan koneksi ke gateway, setelah itu tekan save.

Kemudian restart komputer yang akan kita gunakan sebagai gateway dan masuk ke bios pilih first boot from floppy, kemudian simpan dan restart komputer. Biarkan komputer bootting dengan sendirinya dan biarkan dengan sendirinya sampai dengan booting linux floppyfw-nya selesai. Setelah selesai aku coba akses gateway dengan laptop dan berhasil melakukan koneksi ke gateway dan bisa akses internet, menyenangkan bukan……..

Gateway sangat sederhana udah bisa digunakkan, bahkan aku posting tulisan ini menggunakan gateway linux floppyfw yang baru saja aku buat.