Es Dawet Prambanan

0 0 vote
Article Rating

Yogyakarta – Kalau mengadakan perjalanan menuju Jogja coba saja mampir disekitar Bogem, Kalasan. Kalau dari Solo setelah Candi Prambanan sekitar 500 m disebelah kiri jalan, dibawah pohon Mahoni yang besar-besar itu ada banyak penjual Es Dawet, kalau aku sih nyebutnya Es Dawet Prambanan, meskipun letaknya di Bogem – Kalasan. Pertama mengenal sekitar 3 tahun lalu walau penjual Es Dawet tersebut sebenarnya sudah lama ada, tapi aku belum pernah kepikiran untuk mencicipi Es Dawet tersebut, walaupun aku mengetahuinya.

Kalau tidak salah yang memberitahuku Dian, bahwa di Bogem ada penjual Es Dawet yang enak dan pada saat ada kesempatan aku mencoba untuk mencicipi apa yang dikatakan Dian tersebut. Dengan harga satu gelas Rp. 1.000,- sudah dapat mencicipi Es Dawet khas Bogem tersebut yang ramai sekali pengunjungnya. Aku bahkan sering pergi sendiri di siang hari untuk membeli satu gelas Es Dawet yang harus aku tempuh sekitar 20 km dari kosku, tapi yang namanya kepuasan sulit untuk dibayangkan bukan?.

Saat ini setiap aku melewati Bogem aku selalu mampir untuk membeli Es Dawet walau cuma satu gelas, yang jelas dengan satu gelas itu rasa kepinginku atau apalah istilahnya menjadi terpenuhi, namanya juga kepuasan. Apalagi setelah aku kerja di Surabaya rasa kengen terhadap Es Dawet Prambanan kadang cukup membuat aku bingung, sulit bagiku untuk mencari Es Dawet di Surabaya seperti itu, dibeli dipinggir jalan, diminum dipinggir jalan harganyapun murah dan rasanya sulit untuk diceritakan.

Yang jelas Es Dawet Prambanan telah menjadi bagian dari jadwalku ketika aku pulang ke Jogja.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
10 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
Mirat
Mirat
1 February 2008 20:32

Aku tinggal di prambanan, tepatnya sebelum jembatan opak prambanan. Aku bahkan kenal baik dengan bakule dawet di bogem depan kantor purbakala dan telah ribuan kali lewat depannya. memang setiap kali kulihat, tampak laris banget. sayangnya aku malah belum pernah nyoba dawet. lain kali nyoba aah.. jadi pingin . selamat pak sofiudin

Terima kasih atas commentnya, yang jelas Dawetnya enak tenan, kalau belum coba mana mungkin bisa cerita, ya gak?

astri
astri
24 February 2008 21:01

wealah…
bandingin yang di malioboro… si depan toko makmur jaya klo g salah… menurut aku lebih enak je… tapi boleh juga ntar pulang jogja dicoba ke sana

Aku sudah pernah nyoba yang di Malioboro, tapi mungkin karena kondisi Malioboro yang rame so kurang puas deh jadinya, kalau di Prambanan enak bener…. kalau enggak percaya ya di coba

nora
nora
18 June 2008 15:07

coba deh yg di pasar beringharjo…maknyuss…

Walah kalau yang di Beringharjo aku belum coba, btw disebelah mana ya? Karena yang aku tahu hanya di Prambanan saja. Terima kasih atas informasinya deh…

ESN+

Yuliyatno
Yuliyatno
5 December 2008 11:29

Aku juga jualan es dawet di Sragen, untuk ukuran kotaku es dawetku yang paling enak, tapi kalau dibandingin yang di Bogem itu, emang es dawetku masih kalah enak. Tolong dong tanyain resep bikin gulanya. suwun.

nora
nora
16 May 2009 09:13

coba deh yg di pasar beringharjo…maknyuss…

Walah kalau yang di Beringharjo aku belum coba, btw disebelah mana ya? Karena yang aku tahu hanya di Prambanan saja. Terima kasih atas informasinya deh…

ESN+

nora
nora
20 November 2018 14:46

coba deh yg di pasar beringharjo…maknyuss…

Walah kalau yang di Beringharjo aku belum coba, btw disebelah mana ya? Karena yang aku tahu hanya di Prambanan saja. Terima kasih atas informasinya deh…

ESN+

Mirat
Mirat
20 November 2018 14:46

Aku tinggal di prambanan, tepatnya sebelum jembatan opak prambanan. Aku bahkan kenal baik dengan bakule dawet di bogem depan kantor purbakala dan telah ribuan kali lewat depannya. memang setiap kali kulihat, tampak laris banget. sayangnya aku malah belum pernah nyoba dawet. lain kali nyoba aah.. jadi pingin . selamat pak sofiudin

Terima kasih atas commentnya, yang jelas Dawetnya enak tenan, kalau belum coba mana mungkin bisa cerita, ya gak?

astri
astri
20 November 2018 14:46

wealah…
bandingin yang di malioboro… si depan toko makmur jaya klo g salah… menurut aku lebih enak je… tapi boleh juga ntar pulang jogja dicoba ke sana

Aku sudah pernah nyoba yang di Malioboro, tapi mungkin karena kondisi Malioboro yang rame so kurang puas deh jadinya, kalau di Prambanan enak bener…. kalau enggak percaya ya di coba

nora
nora
20 November 2018 14:46

coba deh yg di pasar beringharjo…maknyuss…

Walah kalau yang di Beringharjo aku belum coba, btw disebelah mana ya? Karena yang aku tahu hanya di Prambanan saja. Terima kasih atas informasinya deh…

ESN+

Yuliyatno
Yuliyatno
20 November 2018 14:46

Aku juga jualan es dawet di Sragen, untuk ukuran kotaku es dawetku yang paling enak, tapi kalau dibandingin yang di Bogem itu, emang es dawetku masih kalah enak. Tolong dong tanyain resep bikin gulanya. suwun.