Es Dawet Prambanan

Yogyakarta – Kalau mengadakan perjalanan menuju Jogja coba saja mampir disekitar Bogem, Kalasan. Kalau dari Solo setelah Candi Prambanan sekitar 500 m disebelah kiri jalan, dibawah pohon Mahoni yang besar-besar itu ada banyak penjual Es Dawet, kalau aku sih nyebutnya Es Dawet Prambanan, meskipun letaknya di Bogem – Kalasan. Pertama mengenal sekitar 3 tahun lalu walau penjual Es Dawet tersebut sebenarnya sudah lama ada, tapi aku belum pernah kepikiran untuk mencicipi Es Dawet tersebut, walaupun aku mengetahuinya.

Kalau tidak salah yang memberitahuku Dian, bahwa di Bogem ada penjual Es Dawet yang enak dan pada saat ada kesempatan aku mencoba untuk mencicipi apa yang dikatakan Dian tersebut. Dengan harga satu gelas Rp. 1.000,- sudah dapat mencicipi Es Dawet khas Bogem tersebut yang ramai sekali pengunjungnya. Aku bahkan sering pergi sendiri di siang hari untuk membeli satu gelas Es Dawet yang harus aku tempuh sekitar 20 km dari kosku, tapi yang namanya kepuasan sulit untuk dibayangkan bukan?.

Saat ini setiap aku melewati Bogem aku selalu mampir untuk membeli Es Dawet walau cuma satu gelas, yang jelas dengan satu gelas itu rasa kepinginku atau apalah istilahnya menjadi terpenuhi, namanya juga kepuasan. Apalagi setelah aku kerja di Surabaya rasa kengen terhadap Es Dawet Prambanan kadang cukup membuat aku bingung, sulit bagiku untuk mencari Es Dawet di Surabaya seperti itu, dibeli dipinggir jalan, diminum dipinggir jalan harganyapun murah dan rasanya sulit untuk diceritakan.

Yang jelas Es Dawet Prambanan telah menjadi bagian dari jadwalku ketika aku pulang ke Jogja.