Nasi Padang Bungo Palo

Yogyakarta – Pegemar nasi padang? mungkin Nasi Padang Bungo Palo Jogja yang ada di Jalan Kaliurang Km 5.5 Yogyakarta perlu dicoba. Letak warung padang tersebut disebelah kanan jalan sebelum Hotel Cakra Kembang (bukan Wisma Cakra Kembang ya) kalau perjalanan dari arah UGM menuju Kaliurang. Yang memperkenalkan Nasi Padang Bungo Palo pertama kali adalah Alfian, teman satu angkatan, dan satu jurusan di Fakultas Kehutanan UGM, Alfian berasal dari Sarolangun di Propinsi Jambi.

Ketika aku kos di Tawangsari F-13 (2001-2002) itulah Alfian memperkenalkan ke aku kalau di Jakal (Jalan Kaliurang) ada warung padang yang rasanya sumatera banget, karena banyak warung dengan label Padang di Jogja yang rasanya kombinasi antara Padang dan Jogja sehingga aku dan teman-teman sering bilang warung nasi padang-jogja, tapi beda dengan Bungo Palo, rasa kuah santan, dan sambal merahnya terasa sekali sumateranya, sulit untuk membayangkan.

Warung Bungo Palo tidak dibangun pada bangunan mewah, dibuat pada bangunan sederana dengan luas sekitar 6 x 6 m2 dengan dinding berisi beberapa lukisan dan dikelilingi kaca cermin. Warung tersebut buka sekitar pukul 08.00 sampai 21.30-an WIB. Banyak menu yang ada disana mulai cumi, ayam, lele, kembung, otak, terong, rendang dan masih banyak lagi. Harganyapun tidak terlalu mahal meski harga rata-ratanya masih diatas standar mahasiswa, satu bungkus nasi pakai ikan kebung sekitar Rp. 6.000,-, dengan harga seperti itu aku pikir tidak telalu mahal jika dibandingkan dengan citra rasanya.

Karena aku besar di Sumatera, lidahku sudah lidah sumatera, maka Nasi Padang Bungo Palo bisa aku rekomendasikan untuk dicoba jika berkunjung ke Jogja.

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Jogja I am Comming! Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest
Notify of
trackback

[…] yang sedang aku bayangkan adalah Nasi Padang Bungo Palo dan Soto Galleria (aku menyebutnya), sudah lama sekali aku tidak makan nasi padang yang bener-bener […]