Cara Meningkatkan Trafik Web

Yogyakarta – Artikel ini aku tulis karena ada teman di milis yang bertanya bagaimana cara meningkatkan trafik (pengunjung), cara yang aku tulis ini adalah hal sederhana yang pernah saya lakukan sendiri dan berhasil, berikut hasil tulisanku tentang cara meningkatkan trafik.

Cara meningkatkan trafik web kalau saya ada beberapa cara :

  1. Buat web yang temanya akan banyak dikunjungi, kalau memang targetnya untuk bermain GA. lakukan research dulu pengguna internet ini kebanyakan siapa? (tua, muda, atau anak-2), trus yang mereka inginkan dari informasi di internet apa?. misal jangan buat situs tentang kutu rambut, bisa jadi informasi kutu rambut jarang dicari orang di internet.
  2. Pilih hosting yang cepat diakses, stabil, dll.
  3. Pilih domain yang mudah diinggat dan dieja, misal google, kan mudah dieja dan dianggat, jangan buat domain yang terlalu panjang dan susah diinggat, kalau bisa nama domain dari bahasa indonesia aja, ya paling panjang 8 karakterlah, lihat saja situs-situs terkenal pasti tidak pernah membuat nama domain yang panjang dan aneh, tapi cukup sederhana dan mudah dianggat, misal detik.com, kapanlagi.com, baidu.com, dll
  4. Buat content web yang simple, tapi menarik dan coding HTML yang benar sesuai aturan, tujuannya biar orang seneng ngunjungin dan mudah di index sama paman google.
  5. Buat keyword yang benar, seperti kalau web tentang rokok, maka keywordnya harus juga tentang rokok. untuk mengetehui keyword yang banyak digunakan oleh user bisa dicari di google.
  6. Daftarkan di situs penyedia layanan iklan gratis yang bagus, setahu saya yang bagus ada webiklan.com (bukan promosi tapi kenyataan), jangan didaftarkan ke web yang katanya bisa mempercepat web kita di index seperti search engine submit, dll., kalau ingin daftar ke search engine seperti google langsung aja daftar sendiri melalui http://www.google.com/addurl/ kalau yahoo ya cari sendiri
  7. Lakukan pertukaran link pada web yang memiliki isi/content sama, dan pilih yang mau memberikan link langsung pada web kita, tidak lewat redirect misal : http://www.jajanpasar.com/jump_links.php?id=10, tapi pilih yang ketika di klik langsung ke situs kita.
  8. Ikut milis yang mempunyai anggota banyak dan sekali-kali kirimkan link yang berisi artikel menarik sehingga anggota milis bisa tertarik untuk mengunjungi web kita. tapi cara ini hati-hati jangan terlalu sering digunakan akan bahaya karena email kita bisa dianggap spam.
  9. Ikuti forum-forum yang memiliki anggota banyak.
  10. Daftarkan ke http://www.dmoz.org ini akan sangat menguntungkan, karena sebagian besar search engine menggunaan database situs ini.
  11. Harus banyak belajar, tekun, dan sabar.

Sebenarnya point terakhir adalah yang paling penting. Semua point diatas sudah saya lakukan dan berhasil, apalagi kalau situs dikelola dengan baik, diawasi setiap hari, dan jangan mainan dengan spam bisa dijamin berhasil.

Kalau semua point diatas sudah dilakukan semoga pengunjung bisa bayak yang datang, kuncinya buat banyak pengunjung datang dulu entah bagaimana caranya yang penting benar, kalau pengunjung sudah banyak arahkan pengunjung untuk klik GA yang dipasang.

Kalau sudah dapat account GA lakukan cara agar GA tidak di klik oleh orang yang sejaringan IP dengan komputer kita, aku pernah nulis di blog ku dan di adsense-id.com bagaimana caranya menghindari invalid klik dari GA, bisa di baca di http://www.esn.or.id/2007-10-15-menghindari-invalid-click-pada-ga.html

lakukan point 8 diatas seperti pada paragraf diatas yang aku kasih warna biru pada milis atau forum yang memiliki anggota banyak, tapi sayang esn.or.id tidak dipasangi GA ha ha ….

Maaf terlalu panjang, yang jalas butuh belajar banyak, tekun dan sabar, kalau bisa juga akses internet 24 jam, dijamin trafik bakal naik.

Best regards,

ESN+
Mobile : 0888 682 9948
Blog : http://www.esn.or.id