Liburan ke Borobudur

Yogyakarta – Hari Sabtu kemarin aku ke Borobudur untuk liburan, maklum udah lama banget aku enggak ke Borobudur, terakhir kali aku ke Borobudur waktu ngantar Rachel dan Heather (mahasiswa dari Oxford University Jurusan Biologi), kalau tidak salah waktu tahun 2005, yah 3 tahun yang lalu aku ke Borobudur mengantar mereka berdua dengan Angga dan Ian.

Setelah sekian lama tidak ke Borobudur akhirnya kemarin sampai juga ke Borobudur dengan menggunakan sepeda motor yang aku pinjam dari Luluk. Berangkat dari Jogja sekitar jam 10.00 WIB dan sampai di Borobudur sekitar jam 11.00, “wah panas bener …” pikirku dalam hati, maklum waktu itu cuaca memang cerah sekali.

Aku ke Borobudur bersama dengan Dewi, teman dari Surabaya yang kebetulan juga berlibur ke Jogja untuk mengunjungi temannya. Lumayankan jalan-jalan ke Borobudur ada temannya.

Setelah berjalan mengelilingi Borobudur dan mengambil beberapa foto, aku ambil keputusan untuk istirahat sebentar karena panas sekali udara waktu itu, aku duduk dibawah pohon yang besar dengan bannir yang lumayan besar juga, kalau tidak salah pohon kenari (kalau tidak salah), setelah aku amati dengan seksama Borobudur dari sudut aku melihat bangunan Borobudur diarah Barat Laut sudah turun, apa ini hanya feeling aja atau memang bener-bener turun. Aku ingat apa yang dikatakan oleh dosen S2-ku (Mrs. Loretna) dulu bahwa Borobudur mengalami masalah yang serius karena mengalami penurunan, tapi waktu itu tidak dijelaskan penurunannya bagian sebelah mana dan sejauh mana kerusakan fisi candi akibat penurunan itu.

Kalau memang candi Borobudur itu warisan dunia, maka sudah sepatutnya candi itu dijaga, tapi di jaga seperti apa? emboh…

bb6.jpgbb5.jpgbb4.jpgbb3.jpgbb2.jpg