Liburan ke Borobudur

0 0 vote
Article Rating

Yogyakarta – Hari Sabtu kemarin aku ke Borobudur untuk liburan, maklum udah lama banget aku enggak ke Borobudur, terakhir kali aku ke Borobudur waktu ngantar Rachel dan Heather (mahasiswa dari Oxford University Jurusan Biologi), kalau tidak salah waktu tahun 2005, yah 3 tahun yang lalu aku ke Borobudur mengantar mereka berdua dengan Angga dan Ian.

Setelah sekian lama tidak ke Borobudur akhirnya kemarin sampai juga ke Borobudur dengan menggunakan sepeda motor yang aku pinjam dari Luluk. Berangkat dari Jogja sekitar jam 10.00 WIB dan sampai di Borobudur sekitar jam 11.00, “wah panas bener …” pikirku dalam hati, maklum waktu itu cuaca memang cerah sekali.

Aku ke Borobudur bersama dengan Dewi, teman dari Surabaya yang kebetulan juga berlibur ke Jogja untuk mengunjungi temannya. Lumayankan jalan-jalan ke Borobudur ada temannya.

Setelah berjalan mengelilingi Borobudur dan mengambil beberapa foto, aku ambil keputusan untuk istirahat sebentar karena panas sekali udara waktu itu, aku duduk dibawah pohon yang besar dengan bannir yang lumayan besar juga, kalau tidak salah pohon kenari (kalau tidak salah), setelah aku amati dengan seksama Borobudur dari sudut aku melihat bangunan Borobudur diarah Barat Laut sudah turun, apa ini hanya feeling aja atau memang bener-bener turun. Aku ingat apa yang dikatakan oleh dosen S2-ku (Mrs. Loretna) dulu bahwa Borobudur mengalami masalah yang serius karena mengalami penurunan, tapi waktu itu tidak dijelaskan penurunannya bagian sebelah mana dan sejauh mana kerusakan fisi candi akibat penurunan itu.

Kalau memang candi Borobudur itu warisan dunia, maka sudah sepatutnya candi itu dijaga, tapi di jaga seperti apa? emboh…

bb6.jpgbb5.jpgbb4.jpgbb3.jpgbb2.jpg

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
10 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
heni
heni
25 January 2008 09:18

gw sempet ke sana tuh, jadi inget “Borobudur I’m in Love”. Tempatnya seru, buat jalan2, tapi siap sun blok banyak2 yah.

Bener tuh harus siap sun block banyak, gw aja kemarin gak pakai sun block dan gak pakai payung, alhasil pas gw masuk kantor temen-temen gw pada komentar kok kulit lo kelihatan agak hitam he he he padahal emang hitam kan? “Borobudur I’m in love”? kalau gw apa ya?….

anto72
21 March 2008 16:13

Borobudur buat gw adalah segalanya, karena gw lahir, besar en sekolah disana. Borobudur dulu dan sekarang gak banyak berubah, tetap megah walau gak masuk lagi 7 keajaiban dunia. Kebetulan gw belum lama pulang kampung en coba jepret sana-sini, hasilnya bisa dilihat di http://www.mas-anto.com.

Thnaks mas udah kasih komentar pada tulisanku, tapi dari beberapa kuliahku dulu di Kajian Pariwisata beberapa dosen sudah banyak yang bilang kalau Borobudur telah mengalami penurunan beberapa cm pada bagian sisi tertentu, mamang sih kalau dilihat sepintah Borobudur masih biasa-biasa saja ….. SAVE BOROBUDUR DECH…..

Ahmad_fauzan 0404
Ahmad_fauzan 0404
1 November 2011 13:01

berapa ya harga tiket masuk ke borobudur ?

heni
heni
20 November 2018 14:48

gw sempet ke sana tuh, jadi inget “Borobudur I’m in Love”. Tempatnya seru, buat jalan2, tapi siap sun blok banyak2 yah.

Bener tuh harus siap sun block banyak, gw aja kemarin gak pakai sun block dan gak pakai payung, alhasil pas gw masuk kantor temen-temen gw pada komentar kok kulit lo kelihatan agak hitam he he he padahal emang hitam kan? “Borobudur I’m in love”? kalau gw apa ya?….

Ahmad_fauzan 0404
Ahmad_fauzan 0404
20 November 2018 14:48

berapa ya harga tiket masuk ke borobudur ?

anto72
20 November 2018 14:48

Borobudur buat gw adalah segalanya, karena gw lahir, besar en sekolah disana. Borobudur dulu dan sekarang gak banyak berubah, tetap megah walau gak masuk lagi 7 keajaiban dunia. Kebetulan gw belum lama pulang kampung en coba jepret sana-sini, hasilnya bisa dilihat di http://www.mas-anto.com.

Thnaks mas udah kasih komentar pada tulisanku, tapi dari beberapa kuliahku dulu di Kajian Pariwisata beberapa dosen sudah banyak yang bilang kalau Borobudur telah mengalami penurunan beberapa cm pada bagian sisi tertentu, mamang sih kalau dilihat sepintah Borobudur masih biasa-biasa saja ….. SAVE BOROBUDUR DECH…..