Terapi Giok Malah Semplok

Surabaya – Kemarin habis lembur sekitar jam 17.00 aku, Pak Denny dan Kang Mul punya inisiatif untuk mencoba terapi giok yang ada di deket kos Kang Mul, terapi yang membutuhkan waktu sekitar 37 menit per orang dengan biaya Rp. 5.000,- itu memang enak rasanya, seperti dipijat-pijat oleh bola yang jalan diatas kasur itu. Aku dapat giliran ke-2 setelah Pak Denny, ini adalah pengalamanku pertama kali untuk terapi giok. Aku pernah denger kalau terapi giok dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti gula, jantung, struk, dll.

Entah mengapa setelah melakukan terapi sekitar 37 menit itu badanku malah sakit semua, bahkan pinggaanggu terasa sakit sekali, semalam bahkan aku tidak dapat duduk sila karena terasa sakit sekali, apa karena aku punya kelainan di pinggangku? Sekitar SMP kelas 3 aku memang pernah jatuh sampai gak bisa bernafas dari pohon cepedak, setelah itu rasa pinggangku memang aneh, mudah capek kalau duduk, bahkan rasa sakit itu baru sembuh setelah aku kuliah semester 2, tanpa obat sama sakali hanya saja aku minum air putih banyak setiap hari, bahkan 1 galon (+/- 19 liter itu) bisa habis kurang dari 1 minggu.

Mungkin ada benarnya sakit pinggangku yang selama ini aku pikir sudah sembuh tapi sebenarnya belum sembuh 100%, aku juga merasakan agak sakit kemarin ketika sensor giok jalan di bagian belakang badanku. Beberapa bulan terakhir ini aku juga merasakan kalau ginjalku bermasalah terutama bagian kiri, karena ada rasa agak pegel, apa karena aku kurang minum air putih ya? Semenjak aku pindah kos memang aku kurang minum, baru beberapa minggu ini aku banyak minum lagi, maklum ketika awal pindahan aku gak punya galon aqua.

Tapi ada 2 kemungkinan kenapa aku sakit pinggang:

  1. Aku kecapekan karena beberapa hari terakhir ini aku sering lembur, bahkan sampai overload. Beberapa teman juga aku sudah melihat jenuh dengan pekerjaan karena selalu lembur, apalagi semenjak adanya RHL APBN-P ini wah capek bener.
  2. Karena memang penyakitku dulu belum selesai, sehingga saraf-saraf yang ada di pinggangku belum begitu sempurna.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana aku bisa tahu kalau sakit pinggangiku karena alasan 1 atau 2? mungkin general ceckup ya?