Sate Cak Mujib

Surabaya – Siapa yang tak pernah dengar sate? atau mungkin telah menjadi menu kesukaan? yang jelas sate telah menjadi makanan khas Indonesia, dan yang aneh dengan sate hampir sebagian besar pedagangnya adalah orang madura. Setahuku sate jenis sate banyak macamnya mulai dari sate ayam, sate kambing, sate kuda dan masih banyak lagi. Kalau sedang bepergian ke Jawa Timur atau harus melewati kota Pasuruan, coba saja “Sate Cak Mujib” begitu tulisan dengan warna merah yang ada dikaca warung sate tersebut .

Yah …. Sate Cak Mujib kalau dilihat sekilas tentunya seperti penjual sate biasa, disana hanya ada sate kambing dan gule (kalau aku menyebutnya), tapi kalau soal pembelinya jangan tanya, petinggi-petinggi Perhutani selalu mampir ke warung sate tersebut seperti Kepala Unit atau Kepala Biro.

Sate Cak Mujib letaknya di Jalan Cangkringmalang – Beji Pasuruan, tepatnya sekitar 5 km sebelum Bangil atau kurang lebih 15 menit dari Bundaran Gempol, letaknya disebelah kanan jalan kalau kita menuju Pasuruan.

Menu sate disana ada yang menggunakan bumbu kecap dan kacang, sayang disana tidak disediakan lontong jadi semua sate dimakan dengan nasi putih yang bisa ditambah dengan kuah gule, tentang rasa “wah enak bener”.