Pinggangku Sakit Sekali

Surabaya – Sudah 4 hari ini pinggangku (tepatnya sekitar 10 cm diatas pinggang) sakit sekali, bahkan kemarin aku harus bolos kerja dan pulang jam 11 siang karena sudah tidak tahan lagi digunakan untuk duduk, selain itu badanku juga panas dingin, masuk angin. Sampai di kos aku gunakan untuk tidur tapi tidak bisa nyenyak sebentar-bentar bangun. Bahkan rasanya dibagian pinggangku selalu merinding yang mungkin karena sekitar pinggangku sakit dan terasa panas.

Sakit pinggangku ini sering kumat semenjak aku terapi giok (baca Terapi Giok Malah Semplok) dan paling sakit aku rasakan adalah 4 hari belakangan ini. Karena sudah tidak tahan rasa sakitnya aku meminta bantuan Pak Saiful untuk memijat bagian pinggangku yang sakit meski saat itu sudah menunjukkan pukul 21.30.

Berdasarkan hasil analisa Pak Saiful sakit pinggangku dikarena:

  1. Aku pernah kedengkek (kurang tahu bahasa Indonesia-nya)
  2. Perutku dalam kondisi turun (istilah jawanya perut medun)
  3. Aku kurang minum

Untuk kurang minum mungkin benar karena semenjak aku pindah kos aku merasakan kalau kurang minum, mungkin kebiasaan minum 1.5 – 2 lt per hari harus diterapkan.
Kemarin aku dipijit sekitar 1 jam dan sekarang terasa agak enak dari pada kemarin, walau kalau digunakan untuk membungkuk dan duduk masih terasa sakit dan gak bisa tahan lama.

Memang kondisi kerjaku tidak sehat sekali, banyak lembur, tidak ada jendela, banyak asap rokok dan kurang olah raga. Kurang olah raga karena memang tidak ada waktu dan males melakukan olah raga. Bahkan olah ragaku hanya jalan kali ketika kekantor selain itu aku tidak pernah melakukan olah raga. Aku tahu olah raga penting, tapi kondisi pekerjaanku yang membuat aku tidak bisa olah raga.