Karir Istri

Surabaya – Tadi pagi aku telpon temanku yang ada di Bandung dan sedikit cerita-cerita tentang hasil kuliahnya S2 di UI dan sedikit membahas S2-ku di UGM yang sampai sekarang belum juga selesai, “Rannie” nama temanku itu. Dari pembicaraan ada yang menarik dan ingin aku tulis di blog-ku, yaitu tentang “karir istri“.

Pertanyaan yang sangat sulit aku jawab, tapi toh aku juga harus menjawab, secara pribadi aku menginginkan istriku tidak bekerja selagi memiliki anak sebelum memasuki SMP kecuali pekerjaan yang tidak full time, mengapa? menurutku peran orang tua (suami & istri) sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak, lebih bagus memang jika suami dan istri dapat bersama-sama dalam mendidik anak, tapi jika diantara keduanya sibuk maka menurutku yang berhak mengalah demi kepentingan perkembangan si anak adalah istri. Aku mengistilahkan dengan bahasa “sentuhan“, sentuhan seoarang istri akan beda jika dibandingkan dengan sentuhan seorang suami bagi perkembangan anak, bukan berarti anak hanya menjadi tanggung jawab istri, suami-pun punya tanggung jawab yang sama dalam mendidik anak, hanya saja berdasarkan pengalaman pribadi lebih suka dan dekat dengan ibu, menagapa? karena selama aku kecil sampai besar yang selalu ada disisiku adalah ibu, ibu-ku banyak memberikan pelajaran dalam perkembangan mentalku, dan berkat sentuhan ibuku aku, kakak dan adik-ku dapat tumbuh dengan normal meski hidup dibawah kecukupan.

Memang lantar belakang keluarga sangat berpengaruh terhadap cara pandang karir seorang istri. Banyak teman yang berpendapat bahwa seorang istri harus bekerja dan ini adalah sah-sah saja buat aku dan jika dilihat latar belakang keluarganya memang ibunya juga seorang pekerja kantoran.

Karir istri dan perkembangan anak adalah dua pilihan yang sangat sulit bisa dijalankan dua-duanya, memang harus ada yang dikorbankan entah itu karir atau anak, contoh kecil saja yang banyak aku lihat adalah anak harus dikorbankan dengan meminum susu formula, sesuatu yang mungkin dianggap sepele tapi ASI itu menurutku hak seorang anak sampai dengan 2 tahun jika ibu dalam kondisi sehat.

avatar
2 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
Sofiudin NurmansyahkarirSofiudin Nurmansyahkarir Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest
Notify of
karir
Guest

Hmmm…..
Ternyata informasi yang saya cari-cari ada disini. Terimakasih sekali atas informasinya.

Keep posting, thank you

karir
Guest

Hmmm…..
Ternyata informasi yang saya cari-cari ada disini. Terimakasih sekali atas informasinya.

Keep posting, thank you