Kelas Perusahaan (KP) TBTS

Surabaya – Kalau pernah mencicipin kuliah di kehutanan atau bekerja di sektor kehutanan pasti penah mendengar istilah KP atau kelas perusahaan, kalau yang belum pernah denger mari aku jelaskan sedikit tentang kelas perusahaan (KP) ini. Secara umum definisi KP adalah kesatuan pengelolaan dalam pengusahaan hutan untuk jenis tanaman pokok tertentu, misal KP Jati, KP Pinus, KP Rimba dan masih banyak lagi untuk jenis tanaman tertentu.

Dengan adanya progam tumpangsari yang dilaksanakan di lahan hutan produksi, maka ketika mencapai musim taman akan banyak dilihat pada lahan hutan yang sementara waktu beralih fungsi menjadi lahan tanaman semusim seperti jagung, ketela, kedelai ataupun jenis kacang-kacangan lainya seperti kacang tanah, kacang panjang dan masih banyak lagi.

Kembali ke KP TBTS itu sebenarnya apa? KP TBTS ini merupakan hasil gurauan dari teman-teman di Perhutani yang ada di lapangan/daerah, karena banyaknya lahan-lahan tumpangsari yang ditanami jagung, sehingga muncul istilah KP TBTS. TBTS sendiri merupakan singkatan dari TongBesTungSar (tongkol besar untung besar) seperti pada iklan TV tentang tanaman jagung yang diperankan oleh salah satu pemain Extravaganza.

Aduh aku ngantuk sekali …. padahal baru jam 14.49 WIB….