Kenanganku Tentang April Mop

Surabaya – April Mop, jadi teringat pada bulan April 2003, waktu itu aku masih kos di Tawangsari F-13 Yogyakarta, sekitar pagi jam 06.00 aku mendapat telpon melalui rumah ibu kos. Wah pagi sekali pikirku, jam 06.00 pagi untuk Jogja di tahun 2003 tentunya masih dingin sekali, masih enak buat tidur deh.

Aku mendengar suara cewek yang sudah cukup aku kenal di ujung telpon dengan kata-kata yang cukup mengejutkan hatiku kalau tidak salah seperti ini.

“Assalamualikum..” kataku ketika menerima telpon
“Walaikum salam ….” jawabnya
“Kamu tahu gak sih perasaanku selama ini sama kamu? kamu itu nyebelin…” sambungnya

Hatiku saat mendengarkan perkataannya membuat aku agak gugub.

“Iyalah kamukan memang tidak pernah mau tahu perasaanku…..” dibuatnya tambah bingung aku, aku tidak bisa mengeluarkan kata-kata sama sekali di pagi itu.
“Maaf maksudmu apa?” tanyaku lagi.
“Kamu memang menyebalkan kok”
“Maaf aku bener-bener gak paham dan bingung tentang apa yang kamu maksud” tanyaku lagi.
“Ha ha ha ….” terdengar diujung telpon dia tertawa dengan bangga.
“Fie, kamu ingat sekarang tanggal berapa?” tanyanya lagi padaku
“Tanggal 1 April, kenapa?…”
“Fie, kamu pernah dengar April Mop?, kamu kena April Mop…”
“Huh ……” aku menghempas nafas panjang sambil merencanakan untuk balik membalas apa yang telah dilakukan ke aku.
“Ya udah dulu ya Fie, Assalamualikum…” pintanya untuk menutup telpon.
“Walaikumsalam ….” jawabku.
“E … semoga yang tadi jadi kenyataan ya?……” tambahku dan telpon langsung aku tutup.

Hari berlalu.

****

Aku gak bisa nulis kejadian apa setelah April Mop ini, yang jelas apa yang dikatakannya ke aku pada tanggal 1 April itu sempat membuatku kelimpungan karena aku selalu diserang oleh teman-temannya. Aku bahkan tidak paham apa kesalahanku itu, yang jelas semenjak April Mop itu ada tumbuh benih kasih dan sayang antara aku dan dia, sayang perbedaan prinsip membuat hubunganku tidak bisa dilanjutkan.

“Maafkan aku ….”