Lemotnya Indosat 3G di Surabaya

Surabaya – Hari Minggu pagi kemarin (30 Nopember 2008) aku coba cek kartu Matrik-ku yang aku gunakan untuk langganan internet 3G Indosat dengan menggunakan HP-ku yang jadul habis dan ternyata kartu sudah aktif. Setelah mengetahui kartu aktif, maka aku mencoba menggunakan modem Huawei E-220 yang aku beli dengan harga US$ 103 dan betapa terkejutnya ternyata speed yang aku dapatkan hanya 236,8 Kbps jauh dari bayangku yang bisa mencapai 7,2 Mbps.

Setelah kecewa dengan speed yang hanya mencapai 236,8 Kbps ternyata untuk browsing juga leletnya minta ampun, lihat saja rate yang ada pada gambar disamping untuk sent dan received bahkan 0 bps, neyedihkan bukan.

Pada saat rate o bps tentunya sama sekali tidak bisa digunakan untuk browsing, bahkan untuk membuka Yahoo Messenger (YM) aja sampai tidak bisa, huh kecewa untuk yang kedua kali deh.

Ok lupakan tentang browsing dan YM, ternyata speed downloadpun tidak begitu mengemberikan, aku download menggunakan Internet Download Manager (IDM) hanya bisa mencapai speed maksimal 15-an Kbps bahkan rata-rata enggak sampai 10 Kbps, jauh dari bayanganku yang konon menurut cerita teman-teman bisa mencapai diatas 50 Kbps atau bahkan lebih.

Yang aku jadi bingung ada apa sebenarnya dengan Indosat 3G, koneksi internetnya lambar sekali? apa karena kebanyakan pelanggan dan sapra Indosat belum siap menerima pelanggan yang banyak?

Aku juga sudah menggunakan Indosat Accelator, tapi hasilnya tidak signifikan karena koneksinya terlalu lemot, padahal aku tinggal di tengah-tengah kota Surabaya.

Apa mungkin kondisi gedung-gedung yang banyak itu juga mempengaruhi koneksi internetnya? Karena aku memang tinggal di kelilingi gedung tinggi sementara aku kos dikamar yang paling rendah.

Aku sempet chat sama Andre kebetulan Andre menggunakan Telkomflash yang konon speednya sampai 7,2 Mbps tentunya sangat menyenangkan jika menggunakan Telkomflash, tapi ada batasan kuota jika untuk Telkomflash yang saat ini hanya sampai 2 G untu 3G dan akan diturunkan menjadi 64 kbps jika telah melebihi kuota, sementara untuk Indosat tidak ada batasanya hanya saja speed hanya sampai 236,8 Kbps. Haruskah aku berpaling dari Indosat dan beralih ke Telkomflash?