‘Windows Install Clean Up’ Untuk Uninstall Bermasalah

Surabaya – Kemarin ada masalah dengan beberapa program yang ada di laptopku, beberapa program seperti Corel, Office 2003, McAfee, Windows Live, Adobe reader 8 dan PowerPoint Viewer 2003 gambar iconnya tidak muncul, saya coba merubah secara manual melalui properties – change icon di-disable. Untuk Corel, McAfee, Windows Live aku berhasil melakukan repair dan berhasil memunculkan icon, tapi untuk Office 2003 dan PowerPoint Viewer 2003 aku tidak berhasil.

Aku coba melakukan uninstall melalui control panel – add remove program tidak bisa, muncul pesan kalau path-nya ditutup dan disuruh menghubungi vendor microsoft, aku pikir laptoku kena virus atau apalah yang bisa merubah registri sehingga beberapa icon berubah dan menu properties – change icon di-disable.

Aku juga mencoba melakukan update pada office 2003 ke service pack 3 tapi tetap saja tidak bisa melakukan uninstall padahal update berhasil meskipun aku menggunakan Office bajakan. Aku coba melakukan update menjadi office 2007 dengan harapan nanti setelah berhasil update ke office 2007 dapat dilakukan uninstall, tapi hasilnya tetep nihil.

Sempat ingin melakukan delete manual tapi teringat kasus waktu aku menggunakan Norton Symantec beberapa bulan lalu yang menyebabkan laptop gagal booting dan harus menginap 3 hari di Acer Service Center di Hitech Mall Surabaya.

Setelah berfikir beberapa waktu, akhirnya aku mencoba googling tentang bagaimana cara melakukan uninstall pada program yang bermasalah terutama office 2003, setelah baca-baca beberapa tulisan dalam bahasa Inggris padahal bahasa Inggrisku pas-pasan akhirnya aku menemukan program ‘Windows Install Clean Up‘ yang dapat didownload di situs Microsoft. Setelah melakukan install program sempat bingung juga dimana letak program tersebut setelah mengguankan fasilitas ‘search’ akhirnya ketemu juga shortcut-nya.

Menjalankan program ini pun cukup mudah, klik program kemudian akan tampail seperti diatas dan pilih program yang bermasalah dan akan di uninstall kemudian tekan Remove dan tunggu beberapa waktu program akan menghapus registri-nya saja dan file yang ada di C:Program Files masih ada. Langkah selanjutnya adalah melakukan install ulang terhadap program yang bermasalah tersebut.

Semoga bisa membantu pengalamanku ini.

avatar
6 Comment threads
6 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
8 Comment authors
Sofiudin NurmansyahbgenkHzkshofibgenk Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest
Notify of
Hzk
Guest
Hzk

thank you bnget bro..sangat berguna sekali…

Hzk
Guest
Hzk

thank you bnget bro..sangat berguna sekali…

shofi
Guest
shofi

ternyata g susah yaa .. mudah”an kalo dipraktekin jg g susah .. =D

shofi
Guest
shofi

ternyata g susah yaa .. mudah”an kalo dipraktekin jg g susah .. =D

bgenk
Guest

makasih mas infonya…. ilmu saya semakin bertambah….
ya sudah, saya klik iklannya aja ya…. kayaknya ada iklan menarik tuh…
xixixixixi….

bgenk
Guest

makasih mas infonya…. ilmu saya semakin bertambah….
ya sudah, saya klik iklannya aja ya…. kayaknya ada iklan menarik tuh…
xixixixixi….