Cara Melihat Hasil Pusat Tabulasi Pemilu Nasional Dengan Cepat

Sidoarjo – Empat hari yang lalu aku dikasih tahu situs Pusat Tabulasi Pemilu Nasioanl oleh Uyung via YM di http://tnp.kpu.go.id dan setelah aku buka ternyata situs tersebut menggunakan marque (text berjalan) dan harus sabar sekali menunggu karena tidak ada scroll back tombol apabila partai yang ingin kita lihat terlewati.

Lantas bagaimana cara melihatnya dengan mudah?

Saya coba membuka source code dari situs http://tnp.kpu.go.id dan akhirnya ketemu cara jitu melihat hasil pemilu tanpa harus menunggu lama, bayangkan kalau tidak menggunakan cara ini pasti akan lama sekali melihat hasil partai yang nomor urut 35 . Berikut caranya ….

Melihat Perolehan Suara Sementara DPR RI Nasional

Cara yang dilakukan adalah membuka situs http://tnp.kpu.go.id, kalau dilihat di address bar maka situs tersebut akan di redirect ke http://tnp.kpu.go.id/tab2009/, kemudian setelah terbuka semua silahkan klik kanan – view page source (saya menggunakan Mozilla, untuk IE mungkin sama karena di laptop saya tidak ada IE maka tidak bisa ngasih contoh) tunggu beberapa lama kemudia akan muncul seperti berikut.

<iframe src=”update/dataindex/suarasementaranasional.html” width=100% height=800px marginwidth=0 marginheight=0 hspace=1 vspace=1 frameborder=0 scrolling=”no”></iframe>

Dari source code diatas terdapat code iframe src (artinya aku tidak tahu) yang kemudian ada code update/dataindex/suarasementaranasional.html, copy update/dataindex/suarasementaranasional.html dan kemudian paste kan kedalam address url yang semula http://tnp.kpu.go.id/tab2009/ rubah menjadi http://tnp.kpu.go.id/tab2009/update/dataindex/suarasementaranasional.html kemudian tekan enter maka akan muncul hasil perolehan sementara tanpa harus menunggu teks yang berjalan lama itu.

Melihat Hasil Penghitungan Sementara Suara Pemilihan Umum Untuk Caleg

Melihat hasil perhitungan sementara suara pemilihan umum untuk caleg logiknya sama dengan cara diatas, caranya sama setelah membuka http://tnp.kpu.go.id pilih Propinsi yang ingin dilihat hasil perhitungan sementara caleg DPR-nya kemudian tekan GO, tunggu beberapa saat sampai proses loading selesai (untuk contoh saya pilih propinsi Jawa Tengah Daerah Pemilihan IV).

Setelah selesai klik kanan – view page source cermati code yang ada disana, kalau dicermati satu-satu maka akan menemukan code seperti ini.

<iframe id=”datamain” src=”viewdetail118.html” width=100% height=260 marginwidth=0 marginheight=0 hspace=1 vspace=1 frameborder=0 scrolling=no></iframe>

Dari code diatas terlihat ada code src=”viewdetail118.html”, copy viewdetail118.html dan paste-kan ke address bar sehingga menjadi seperti ini http://tnp.kpu.go.id/tab2009/sitampil3/viewdetail118.html kemudian tekan enter dan tunggu beberapa saat, akhirnya kita bisa lihat hasil perhitungan sementara suara caleg tanpa harus menunggu lama.

Hanya sekedar sharing semoga bisa mambatu dan memudahkan.