Alergi Keringat Sendiri

Sidoarjo – Sebenarnya alergi keringat ini sudah aku ketahui sejak lama, tapi paling parah ketika tahun 2004, waktu itu aku ke Bandung dari Sumedang dengan menggunakan bus biasa (non AC), sesampai di Bandung belum terasa, dari Bandung aku lanjutkan perjalanan ke Bogor dengan bus non AC lagi, ketika masuk hotel di Bogor baru terasa dadaku gatal sekali, dan keesok harinya dadaku langsung merah-merah.

Tiga hari ini Sidoarjo dan Surabaya panas sekali, walau tadi pagi diguyur hujan tapi rasanya masih panas didalam rumah (sumuk/ungkup), dan tak terasa punggungku mulai merah-merah dan gatal-gatal. Beberapa hari yang lalu aku sempat nulis di Facebook tentang alergi keringat dan dikomentari aneh-aneh tapi ya mau gimana lagi.

Sebenarnya obatnya cukup mudah yaitu minum CTM 2 kali sehari selama 2 hari aja langsung gatal-gatal ini hilang, tapi kok ya terkesan hidupku karena obat, dan jujur sebenarnya aku ingin mengurangi konsumsi obat-obatan kimia.

Mungkin kalau alergi makanan, minuman ataupun debu akan sangat mudah menghidari, tidak makan-minum atau keluar menggunakan masker, tapi bagaimana dengan alergi keringat sendiri?… kan enggak mungkin hidup tanpa keringat, keringatkan bagian dari metabolisme tubuh yang sehat.

Atau mungkin kandungan kimia keringatku beda ya, sehingga kulitku tidak tahan, perasaan makananku juga biasa, minumku juga hanya air putih. Enggak paham lah aku ….