Alergi Keringat Sendiri

Sidoarjo – Sebenarnya alergi keringat ini sudah aku ketahui sejak lama, tapi paling parah ketika tahun 2004, waktu itu aku ke Bandung dari Sumedang dengan menggunakan bus biasa (non AC), sesampai di Bandung belum terasa, dari Bandung aku lanjutkan perjalanan ke Bogor dengan bus non AC lagi, ketika masuk hotel di Bogor baru terasa dadaku gatal sekali, dan keesok harinya dadaku langsung merah-merah.

Tiga hari ini Sidoarjo dan Surabaya panas sekali, walau tadi pagi diguyur hujan tapi rasanya masih panas didalam rumah (sumuk/ungkup), dan tak terasa punggungku mulai merah-merah dan gatal-gatal. Beberapa hari yang lalu aku sempat nulis di Facebook tentang alergi keringat dan dikomentari aneh-aneh tapi ya mau gimana lagi.

Sebenarnya obatnya cukup mudah yaitu minum CTM 2 kali sehari selama 2 hari aja langsung gatal-gatal ini hilang, tapi kok ya terkesan hidupku karena obat, dan jujur sebenarnya aku ingin mengurangi konsumsi obat-obatan kimia.

Mungkin kalau alergi makanan, minuman ataupun debu akan sangat mudah menghidari, tidak makan-minum atau keluar menggunakan masker, tapi bagaimana dengan alergi keringat sendiri?… kan enggak mungkin hidup tanpa keringat, keringatkan bagian dari metabolisme tubuh yang sehat.

Atau mungkin kandungan kimia keringatku beda ya, sehingga kulitku tidak tahan, perasaan makananku juga biasa, minumku juga hanya air putih. Enggak paham lah aku ….

16 Replies to “Alergi Keringat Sendiri”

  1. wah sama persis sama saya,kita senasib.aku juga bingung obatnya apa.sama spt mas,aku jg nggak mau banyak minum obat kimia.jadi sementara ini kalau penyakit itu muncul saya tahan aja,tp kalau sudah kebangetan ya baru aku kasih incidal…moga cepat sembuh,salam
    ( baca jg nasibku kena alergi di blogku )

      1. bedanya klo gw di lipatan paha dan tangan..
        kalo olahraga ngga bisa full. sementara klo udah keluar keringatnya gw lap tissue..
        tp klo kelupaan, wah parah banget gatalnya sampe bikin mata berair karna pedih juga..
        klo gw ga pake incidal ato ctm, cukup di cuci pake sabun aja udah kaga gatel lagi..
        wah2.. repot juga buat orang yang ga bisa keringetan..

        1. wah…
          ternyata ada org lain juga y.. ygalergi sama seperti aku…
          aku waktu itu pergi ke dokter.. tapi dia cuma kasih aku obat, tapi aku tidak mau tergantung sama obat, jadi obat itu tidak aku minum sampai sekarang…
          aku benar2 bingung bagaimana cara sembuhinnya..
          aku ini kan cowo, bagaimana bisa tidak klwr keringat???
          tolong kasih kalan klwrnya donk…
          T.T

  2. penyakit ini disebut dermatitis atopik atau eksim yang disebabkan oleh kulit yang kering dimana kulit tidak bisa mengikat air. Kulit yang seperti ini akan mudah terinfeksi bakteri atau jamur.
    Sebaiknya jika memiliki kulit seperti ini tidak menggunakan sabun antiseptik karena akan menyebabkan resistensi dan semakin kering.
    Pencegahan gatal dapat dilakukan dengan memakai sabun khusus yang tidak menghilangkan minyak kulit dan mengoleskan pelembab khusus non parfum setelah mandi ke seluruh tubuh. Sedangkan penggunaan obat seperti CTM untuk jangka panjang tidak akan menyelesaikan masalah karena masalah ini akan hilang ketika kita menghilangkan faktur pemicunya.

    1. Terima kasih atas informasinya, btw sabun khusus yang dimaksud itu seperti apa ya? saat ini saya menggunakan “sabun hijau” apa benar ini termasuk sabut khusus yang anda maksud?.

      Kalau soal faktor pemicunya buat saya adalah keringat, karena setiap saya berkeringat dan tidak langsung dibasuh/lap pasti akan timbul bintik-bintik merah dan selanjutnya akan terasa gatal-gatal.

  3. sabun apa ya yang dimaksud? saya juga mengalami penyakit yang sama dan lagi parah2nya.sampe bingung pas dokter bilang saya alergi sama debu dan keringat saya sendiri, rasanya sama aja badan ini membunuh dirinya sendiri pelan2…hahaa
    udah ga tahan lagi sama gatel dan sakitnya, apalagi bekasnya sangat sangat buruk rupa karena melebar ke daerah yang sering berkeringat….kalau ada masukan yang bisa membantu tolong di share..thanx banget

    1. Mandinya pakai “sabun hijau” belinya di Apotik, trus hindari keluar keringat banyak, kalaupun harus keluar keringat banyak langsung dikeringkan pakai handuk atau tissue. Cara ini aku gunakan cukup membantu.

  4. nah itu dia, makanya aku nanya klo ada yang tau obatnya…paling ga penyebabnya sedikit banyak bisa diketahui dari artikel tadi kan… ^^;

  5. SORA …..air kelapa kuning (kecil)adalah obat yang ampuh karena mengandung jutaan meneral yg bermamfaat bagi tubuh, so dikomsumsi selama 2 bln minimal setiap bangun tidur sebelum berkumur ( jgn ada yang masuk diperut sebelumnya dan perlu untuk mengurangi porsi makan berlebih ) jika berhasil di tiga bulan kedepannya anda akan punya kebiasaan baru yaitu buang air besar sebelum beraktivatas pagi kebiasaaan ini akan belangsung lama dan sehat dikarenakan proses lambung yg sempurna ( malam di pres pada saat tidur paginya dibuang karena ada sampah HHHHHHHMMMMMNNN ) truss… keringat di bulan keempatnya insya Allah sudah tidak beracun lagi Hahahahah seperti ko..ko…kodok………………ingat setelah sembuh POHON kelapa or Mamang jual kelapnya jgn dilupakan yaaa….kalo perlu peluk cium untuk sang HERO hahaha
    Tips tambahan…………..
    selama pengobatan makan apa saja yang boleh dimakan …. kecuali logam, semen, plastik…..agar lambung bisa terbiasa kembali……
    untk pengobatan luar….. (apalagi cewek nih…sayang khan kalo nggak mulus….klo udah cantik hubungi saya yang) beli satu sak CARBON yang sering digunakan di depot-depot air minum lokal ( cari dengan kandungan pekat ) lalu campurkan ke air hangat untuk mandi daan aduk sekitar 20 menit lalu basuh tanpa sabun dua kali sehari selama sebulan (cukup satu sak saja) ingat tidak boleh pakai sabun mandi…..karena pasti usahanya kan sia sia saja…memang lengket tapi tahan dong daripada gatal,,,,emeng enak dibilang kurapan….
    tips ini telah aku coba dan berhasil setelah 7 tahun menderita penyakit kodok beracun ( dermatitis atopik ) …..SORA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *