Mengurus Surat Pindah Penduduk

Yogyakarta – Setelah sekian lama akhirnya aku mengurus surat pindah penduduk dari Sleman ke Sidoarjo, sebenarnya niat untuk mengurusnya sudah lama tapi berhubung aku baru sempat minggu ini, makanya aku mengajukan cuti selama 3 hari mulai dari tanggal 19 – 21 Agustus 2009.

Perjalanan mengurus surat pindah penduduk sebenarnya lancar saja, hanya saja namaku sudah tidak masuk didalam kartu keluarga (KK/C1) sehingga agak bingung juga, tapi berkat bantuan Pak Dukuh akhirnya aku bisa mendapatkan surat pindah tersebut.

Prosedurnya lumayan mudah, aku mengurusnya tidak sampai sehari sudah selesai, yaitu :

  1. Minta surat pengantar ke Dukuh
  2. Minta surat pengantar ke Desa (dalam blanko ada tanda tangan camat)
  3. Minta tanda tangan ke camat
  4. Surat yang telah ditandatangani oleh camat dibawa ke Kantor Catatan Sipil untuk diganti surat tersebut dengan Surat Pengantar dari Kantor Catatan Sipil yang ditujukan kepada Camat daerah tujuan.
  5. Sebenarnya setelah mendapat tanda tangan camat, harusnya dibawa ke Kantor Polsek untuk minta SKCK pindah penduduk, tapi yang aku lakukan kemarin setelah dari catatan sipil baru ke Polsek untuk minta SKCK pindah penduduk.

Lega rasanya sudah bisa mencabut berkas penduduk, yang jadi masalah adalah SIM A dan C ku yang masih dari Sleman, untuk SIM C habis tahun 2011 dan SIM A 2014, wah masih lama mencabutnya ya.

Terima kasih untuk Pak Dukuh Mrean yang telah banyak membantu aku dan keluarga besarku dalam urusan kependudukan.