Mudik Lebaran 2009

Sidoarjo – Hari ini adalah hari mulai libur cuti bersama lebaran, banyak teman-teman yang mulai mudik ke kampung halaman sejak kemarin, meskipun sore hari jalanan di Surabaya masih sepi dari pemudik. Bahkan jalur Waru yang biasanya macet kemarin sore sekitar pukul 17.00 padat lancar.

Tradisi mudik lebaran memang sudah lama terjadi, bahkan hampir setiap tahun mudik lebaran dilakukan oleh berjuta-juta masyakat Indonesia, sampai beberapa kota yang biasa ramai seperti Jakarta, Jogja dan beberapa kota lainnya menjadi sepi saat lebaran, bahkan di Jogja ketika lebaran pertama dan kedua akan sangat sulit mencari makanan.

Lebaran kali ini aku melihat pemerintah lebih siap dibandingkan tahun lalu, meski masih ada masalah percaloan yang sangat sulit diberantas, kemarin dari berita Suara Surabaya (SS) aku mendengarkan kalau calo di Terminal Purbaya Surabaya masih ada dan banyak penumpang yang ditarik-tarik dan dipaksa untuk memilih bus yang bukan keinginan dari penumpang.

Untuk pemudik yang menggunakan kendaraan peribadi mungkin menjaga stamina tubuh sangat dibutuhkan, istirahat yang cukup dan tetap waspada karena kelelahan bisa merubah rencana yang semula dibayangkan berjalan indah dapat berubah menjadi bencana.

Selamat hari raya Idul Fitri 1430 H mohon maaf lahir & batin, untuk kali ini aku tidak mudik lebaran.