Ketika Mereka Bertanya “Biasanya Boleh Pak?”

Temayang – Semejak melakukan cutting test pada hari Rabu & Kamis (3-4 Maret 2010) aku sudah memberlakukan peraturan agar perencek tidak masuk ke lokasi tebangan dari tebangan dimulai sampai dengan pukul 14.00 atau dengan kata lain perencek bisa masuk ke lokasi tebangan setelah pukul 14.00. Ketika isue ini aku coba bicarakan dengan KRPH, regu tebangan dan LMDH mereka semua sepakat, sehingga ketika melakukan cutting test aku sudah berlakukan dengan cara menghadang para perencek untuk tidak masuk tebangan sebelum jam 14.00.

Tapi yang namanya manusia masih ada saja yang melakukan perencekan, aku masih ingat pada hari pertama melakukan cutting test ada beberapa perencek yang memaksa dan sampai aku harus marah-marah pada para perencek, bahkan kemarahanku ini aku tulis di FB dan langsung mendapat komentar dari para seniorku, tapi aku memang tidak ada pilihan karena aku telah mencoba dengan bahasa yang lemah lembut tapi mereka tidak mendengarkannya. Pada hari ke dua juga masih terjadi hal yang sama, akupun harus mengumpulkan mereka para perencek untuk tidak mengambil sebelum jam 14.00.

Cerita perencek pada saat cutting test cukup segitu, dan aku akan cerita tentang hari pertama tebangan. Setelah melakukan “selametan” dengan dihadiri segenap KRPH, regu tebang dan kuli angkut maka acara selanjutnya adalah proses penebangan. Aku dengan terpaksa harus meminta bantuan Buser KPH untuk mengamankan tebangan tujuannya adalah menghalau perencek ke lokasi tebangan sebelum jam 14.00.

Meskipun aku harus mengeluarkan biaya ekstra untuk Buser tapi harapanku dengan hadirnya Buser dapat meringankan beban KRPH dan regu tebang, karena perencek itu sangat menggangu pekerjaan mandor tebang dilapangan.

Beberapa perencek ada yang bertanya “mengapa harus diatur?”, “biasanya boleh pak?”. Aku harus memberikan penjelasan tentang bagaimana bahaya merencek yang tidak dikendalikan, ada perencek yang menyadari tapi ada juga yang ngeyel. Sebenarnya aturan ini aku lakukan demi kepentingan bersama, perencek akan aman sementara aku sebagai penanggungjawab wilayah juga tenang.

Semoga tebangan di BKPH Temayang aman sampai dengan selesai, amin.