Google AutoPING v2 – Program Sederhana Untuk Mengatasi Jaringan Idle atau Dormant

Temayang – Aku sering sekali mengalami jaringan internet dormant atau idle, jaringan dormant atau idle ini terjadi karena tidak adanya request ke gateway sehingga untuk menghemat bandwidth pihak provider biasanya melakukan setting jika tidak ada request sekian menit makan akan otomatis idle atau dormant yang akibatnya ketika akan membuka situs atau blog setelah idle akan sulit sekali atau bahkan menyebabkan jaringan seperti internet lambat.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya bisa dilakukan cara melakukan ping secara terus menerus kepada salah satu situs agar request ke server gateway selalu ada setiap detik. Bagaimana caranya melakukan ping secara manual, cukup membuka Command Prompt dari Start – Run – ketik cmd dan tekan enter, makan akan muncul Command Prompt dan ketikan ping -t namasitus.com, dalam hal ini saya sering sekali nge-ping situs google.com, jadi setiap melakukan ping saya selalu menulis “ping -t google.com” (tanpa tanda petik dua “).

Tapi cara manual diatas sangat tidak simple dan merepotkan karena setiap kali konek ke jaringan internet harus selalu melakukan pengetikan “ping -t google.com” (tanpa tanda petik dua “), akhirnya aku mencoba untuk membuat program sederhana yang aku beri nama Google AutoPING v2 yang bisa didownload secara cuma-cuma.

Download : Google AutoPING v2

9 Replies to “Google AutoPING v2 – Program Sederhana Untuk Mengatasi Jaringan Idle atau Dormant”

  1. makasih mas, mohon izin ikut donlot, langsung tak coba nh, soalnya saya pake fleksinet unlimited, di tempatku masalah menjengkelkan adalah setelah beberapa menit langsung tiba-tiba dc

    1. Silahkan download mas, sama saya juga menggunakan fleksinet unlimited dan agar tidak sering dc saya menggunakan Google AutoPING v2 setiap konek ke internet, dan biarkan program Google AutoPING v2 tersebut jalan terus selama online. Salam kenal.

      1. mas mau nanya kalo setiap ping pnya saya kok banyak mpe 2000ms tu panya,,??? sorry klo beda pembahasan ,,,tapi Q cm pengen nanya spa tw dapet jawaban,, hehehehhe

        1. Nilai time diatas 2000ms itu bisa jadi karena jaringan internet yang mas gunakan sedang sibuk, saya di Surabaya pakai Indosat 3G kalau nge-ping ke google.com rata2 time-nya 100-200ms, kalau di Temayang Bojonegoro pakai Flexinet Unlimited kalau nge-ping google.com sekitar 300 ms.

          Btw mas pakai internetnya pakai apa? dan posisi sedang dimana?

  2. wah, sip om, hehe.
    saya juga suka nge-ping gara2 dapet saran dari temen.
    nah kalo pake ini jadi gak cape2 ngetik ni, hehe.

    btw, saya sukanya nge-ping pake lebih dari 1 jendela cmd.
    yang satu nge-ping ke google, satu ke yahoo, dan beberapa ke tempat lain.
    kira2 ngaruh gak ya?
    hehehe.

  3. cek pulsa ok.,cek sinyal ok.,ehh muncul si dormant.,dah coba jg masuk cmd trus ngeping ke site umum macam google.,hsilnya kdang ok kdang ko.. klo si dormant ga ilang2 (ane kurang paham) ane asumsikan bts terdekat lg padat traffic (ntah sms, telp atawa inet).. ehh tp ane koneksinya di jamnya batman.,masasi masi padat traffic.,ane asumsi lg bts terdekat lg bermasalah (trima data ok kirim data ko macam kurang power gt) klo dah gt istirahat aja dulu ngenetnya^_^.. tp lg perlu banget nih.,sptnya masi ada solusi laen.,ane pindah tempat dmn ane kira2 ga pake bts yg sama.. ehh konek..^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *