Kartu XL Aku Pilih Untuk SMS Gateway

Temayang – Beberapa hari ini aku mencoba Gammu sebagai SMS Gateway untuk mendukung pekerjaanku, aku menggunakan Gammu dan PHP untuk mengelola data yang dikirim melalui SMS dengan sistem operasi Windows Home Edition yang ada di laptop kesayangku ini.

Modem yang aku gunakan adalah Huawei E220 yang aku beli 1.5 tahun lalu dengan harga US$ 105 ya sekitar 1,125 juta waktu itu, tapi sekarang mungkin harganya tinggal Rp. 600 ribu-an. Kembali ke SMS Gateway yang baru aku buat, setelah proses pembuatan selesai aku mulai bingung kartu apa yang akan aku gunakan untuk SMS Gateway ini, ada 3 pilihan kartu sebenarnya yaitu XL, M3 dan Axis, tapi untuk layanan Axis belum terdapat jaringannya di Kecamatan Temayang, aku coba cek dengan HP jaringan yang ada hanya Telkomsel, XL dan Indosat, setelah ngobrol sama penjual kartu perdana akhirnya pilihan jatuh ke nomor XL.

Sebenarnya pilihan jatuh ke XL karena aku tertarik dengan sms gratisnya, diiklan aku baca kalau 1 sms akan dapat 1000 sms gratis ke semua operator. Semoga SMS Gateway yang aku buat cepet selesai dan dapat diaplikasikan, beberapa teman sudah mulai tertarik untuk mengaplikasikan, ya semoga cepet selesai.