Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Mojokerto 2013

Sidoarjo – Tadi sore dalam perjalanan pulangbaku mendengarkan dari Suara Suarabaya FM 100 bahwa Upah Minimum Kabupaten/Kota di Surabaya dan daerah penyangga sekitar Surabaya sudah ditetapkan. Bahwakan penetapan sempat diundur yang semula dijadwalkan jam 9 pagi akhirnya baru ditetapkan sore tadi sekitar pukul 18.00 wib.

UMK untuk kota Surabaya dan Gersik ditetapkan sebesar Rp. 1.740.000,- dan untuk kota Sidoarjo ditetepkan sebesar Rp. 1.720.000,- dan untuk kota Mojokerto ditetapkan sebesar Rp. 1.700.000,-. Akan tetapi dari serikat buruh merasa kurang puas dengah UMK yany telah disetujui oleh Gubernur Jatim tersebut, bahkan perwakilan buru pada hari senin depan ingin menemui Gubernur Pakde Karwo untuk audiensi.

Terlepas dari besar kecilnya UMK yang telah ditetapkan, memang sangat sulit dari pemerintah untuk memutuskan, disatu sisi kesejahteraan buruh harusbmenjadinperhatian disisi lain jika UMK dinaikan terlalu tinggi, pengusaha yang akan menjerit dan berujung pada kenaikan harga barang karena biaya produksi tinggi.

Untuk teman-teman yang lagi berjuang untuk menaikkan UMK selamat berjuang dan tetap berfikir realistis.