Kongres KPSI vs PSSI

Bojonegoro – Barusan mendengarkan berita di TVOne tentang kongres PSSI yang terjadi didua tempat, yaitu di Jakarta oleh KPSI dan di Palangkaraya oleh PSSI Djohar Arifin. Sebagai masyarakat yant mengingunkan sepak bola di Indonesia menjadi lebih baik dibuat pusing.

Kenapa pusing? Bagaimana tidak kedua kubu saling ngotot yang paling benar, sementara masyarakat seperti aku ini menjadi bingung, apa sih yang mereka rebutkan? Bersatukan menjadi lebih baik, kalau egonya masing-masing ditonjolkan ya jadi seperti ini. Dilevel pengurus saja masih tidak kompak, bagaimana dengan tim yang dibentuk? Atau menunggu sangsi dari Fifa baru mereka bersatu? Pusing ah.

Dari hasil baca-baca di detik.com berikut ini hasil keputusan masing-masing kongres:

PSSI

Tempat: (Lobi) Aquarius Boutique Hotel, Palangkaraya, Kalimantan Tengah
Hari/tanggal: Senin, 10 Desember 2012

Hasil:
1. Mengesahkan peraturan tata tertib dan jadwal acara Kongres Luar Biasa.
2. Menerima dan mengesahkan perubahan statuta PSSI tahun 2009.
3. Menerima dan mengesahkan pengembalian empat orang eks anggota Komite Eksekutif PSSI.

Catatan: Ketiga keputusan tersebut dinyatakan sesuai dengan agenda yang telah dirancang dari awal, sejak sebulan lalu, sesuai statuta.

KPSI

Tempat: Ballroom Hotel The Sultan, Jakarta
Hari/tanggal: Senin, 10 Desember 2012

Hasil:
1. Menyetujui usulan revisi statuta pasal 23, 30, 31, 65, 66 dan 69 yang akan disampaikan kepada FIFA.
2. Menyetujui pembentukan liga baru yang kickoff pada 2015. Komite Eksekutif PSSI menjalankan periode transisi termasuk membentuk Task Force League.
3. Merekomendasikan kepada empat anggota Komite Eksekutif PSSI, yaitu La Nyalla Mattalitti, Toni Apriliani, Roberto Rouw, dan Erwin Dwi Budiawan untuk merekomendasikan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) 18 Maret 2012 di Ancol agar disahkan FIFA.
4. Membawa timnas Indonesia minimal ke urutan 129 dalam peringkat FIFA.
5. Mengambil alih tanggung jawab hukum dan finansial PSSI serta menjalankan roda organisasi PSSI dan kembali berkantor di kantor PSSI Pintu X dan XI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

avatar
  Subscribe  
Notify of