Mencoba Mikrotik RB750r2 Yang Sering Restart

Sedati – Sebenarnya aku sudah punya mikrotik sendiri yang aku pasang di rumah, jenisnya RB 931 2nD. Kenapa dulu aku membeli RB 931 2nD ini aku pikir karena jumlah perangkat yang akses dirumah sekitar 10 an user, sehingga aku pilih jenis RB 931 2nD itu, murah meriah lah pikirku waktu itu.

Tapi setelah aku setting, pasang filter, mangle, script dll mulai ada masalah resource CPU tinggi sekali kadang sampai restart. Hik … hampir tiap hari aku melihat restart.

Pas waktu main ke kantor teman kok ada 2 mikrotik nganggur, yaitu RB 750r2 dan RB 941 2nD, dan aku tanya katanya nganggur, aku mintalah RB 750r2 yang katanya tanpa power supplay dan sering restart juga. Aku jadi penasaran sih masak restart. Setahuku mikrotik restrat itu karena 2 hal, yaitu kurang daya atau kebanyakan user akses.

Aku melihat voltase yang diijinkan adalah 8 sd 24 volt. Aku coba menggunakan power supplay wifi tenda F3 bisa hidup tapi lampu indikator LAN gak hidup, padahal voltasenya 9 volt 0,5 Amp. Sempat bingung karena dirumah gak ada power supplay nganggur, adanya charger hp aja.

Saat ke Surabaya aku mencoba untuk memberi power supplay di Pasar Genteng, harganya murah hanya Rp. 35.000,- saja dengan voltase 12 volt dan 2 Amp. Tapi hanya bertahan 12 jam sudah jebol. Aku test dengan multi tester voltase hanya 3 volt. Jebol pikirku.

Aku mencoba ada piano dirumah yang jarang dipakai, aku lihat colokan adaptornya sama, hanya voltasenya besar sekali 19 volt dengan amper tidak terbaca. Aku coba bisa dan bertahan sampai 1 minggu tanpa restart.

Dari sini aku menyimpulkan bahwa mikrotik RB 750r2 ini sering restart karena supplay voltase yang kurang. Akhirnya harus hunting di Tokopedia, aku mencoba membeli power supplay yang menggunakan travo bukan switching, karena yang membeli di Pasar Genteng tersebut adalah tipe switching.

Bukan tidak adalah masalah ketika sudah membeli power supplay travo 12 vol 1 Amp. Power supplay tersebut tidak hidup ketika dicoba, mau dibuka barang masih baru dari Bandung, akhirnya minta ijin ke penjual buat bongkat dan ada 1 IC yang kakinya tidak tersolder dengan sempurna. Akhir setelah disoder dengan baik dan lancar.

Dari pengalaman diatas kenapa restart karena (1). kekurangan daya atau (2). kebanyakan user yang akses. Untuk yang kedua aku belum bisa membuktikan karena yang akses dirumah hanya sekitar 10 perangkat saja.

avatar
  Subscribe  
Notify of