Konfigurasi Mikrotik Agar Access Point Dapat Diakses Dari Internet

Sedati – Semenjak mengganti Mikrotik RB 750r2 yang tidak ada WiFi bawaan pabrik, maka access point Tenda F3 yang selama ini aku simpan digudang akhirnya digunakan lagi. Setelah semua setting mikrotik dan WiFi Tenda dapat berjalan dengan baik timbul rasa penasaran bagaimana agar access point tersebut bisa diakses dari luar atau dari internet. Kira-kira tipologinya seperti ini.

Laptop yang aku lingkari merah itu bisa mengakses access point yang aku lengkari merah juga. Selama ini aku mencari referensi belum menemukan sehingga tidak pernah berhasil, bisanya diakses melalui jaringan lokal saja. Konfigurasi pada firewall nat udah aku lakukan mirip saat aku buat konfigurasi server apache, FTP, SSH tapi tidak berhasil, padahal port pada modem Indihome sudah disetting terbuka atau open.

Tadi pagi rasa penasaran muncul lagi setelah beberapa minggu tidak tertarik utak atik mikrotik yang ada dijaringan rumah. Ok langkah-langkah agar access point dapat diakses dari internet adalah sebagai berikut.

1. Setting port pada modem

Disini saya mengunakan port 200 untuk mengakses modeĀ  dari internet. Settingan untuk membuka port tersebut pada masing-masing modem catanya berbeda, disini modem indihome saya menggunakan modem Huawei HG8245H.

Biasanya bawaan modem yang dibuka hanya port 80 untuk akses browser saja. Untuk menambahkan port lainnya harus digunakan secara manual. Digambar sebelah terlihat bahwa saya melakukan setting untuk membuka port 200. Intinya jika ada permintan akses untuk port 200 modem akan mengarahkan ke IP 192.168.100.4 untuk port 200 juga, dimana IP 192.168.100.4 ini adalah IP dari mikrotik dari modem indihome.

2. Setting pada mikrotik

Setting pada mikrotik ini hanya konfigurasi pada Firewall NAT saja, ada 2 NAT yang harus ditambahkan yaitu NAT untuk port 200 agar diarahkan ke access point Tenda F3 dengan IP 192.168.10.2 dan NAT untuk jaringan yang digunakan oleh access poin Tenda F3 dalam hal ini karena ether 1 sd ether 4 saya samakan dengan menggunakan brigde untuk memudahkan setting saja.

Gambar ini adalah settingan Firewall NAT untuk access point Tenda F3 jika ada yang mengakses dari internet atupun lokal dengan port 200 maka oleh mikrotik akan diarahkan ke IP 192.168.10.200 dimana IP 192.168.10.200 ini adalah milik access point Tenda F3. Dengan setting Firewall NAT seperti diatas access point Tenda F3 belum bisa diakses dari internet. Agar access point tersebut bisa diakases dari internet adalah perlu ditambahkan Firewall NAT lagi agar access point Tenda F3 tersebut dikenali oleh internet. Berikut adalah setting Firewall NAT-nya.

Firewall NAT yang kedua ini tujuannya adalah mengenali jaringan lokal jika diakses dari internet, sehingga sesuai dengan Firewall NAT yang pertama diatas jika ada permintaan mengakses port 200 sudah diarahkan oleh mikrotik, hanya saja mikrotik belum mengijinkan untuk diakses,Firewall NAT yang kedua ini tujuannya adalah mengenali jaringan lokal jika ada permintaan dari luar. Kenapa saya menggunakan Out Interface brigde_ALL, ini untuk mempermudah setting masing-masing ether interface saja, saya gabung dari 3 ether interface menjadi satu di brigde_ALL.

3. Hasilnya

Ini adalah hasilnya ketika diakses dari internet, kebetulan disini mikrotik saya dirumah sudah saya setting dengan sub domain di esn.or.id sehingga ketika ingin mengakses dari internet cukup ketik http://mik.esn.or.id jadi ketika ingin akses port 200 untuk modem Tenda F3 ini cukup ketika dibrowser http://mik.esn.or.id:200 maka akan muncul seperti gambar disamping. Sekarang dimanapun berada bisa akses access point Tenda yang ada dirumah.

 

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Menggunakan File htaccess untuk Clean URL dengan PHP | | esn blog Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest
Notify of
trackback

[…] Konfigurasi Mikrotik Agar Access Point Dapat Diakses Dari Internet […]