Puasa di Kota Malang Jawa Timur

Malang – Tahun 2019 ini adalah puasaku yang ke dua di Kota Malang, kota yang konon banyak sebutannya, ada yang bilang kota pelajar, kota apel (untuk kota Batu ding), dan sekarang yang terkanal adalah Malang Strudel.

Seperti puasa di tahun 2018 kemarin adalah yang paling sulit adalah mencari sahur, kebetulan aku tinggal di Jl. Kawi Malang, jalan yang kalau siang sangat ramai dan banyak penjual makanan, tapi kalau waktu sahur seperti ini jangan ditanya, sulit sekali mencari sahur.

Hari ini adalah hati kedua puasa, dan hari pertama aku sahur di Malang, karena hari pertama kemarin aku masih sahur di rumah dengan keluarga. Tapi sahur pada hari kedua ini lumayanlah di Jalan Galunggung ada warung nasi Padang yang buka. Lumayan ramai karena hanya warung nasi Padang itu aja yang buka setahuku.

Tahun lalu kalau mencari makan buat sahur sampai didaerah Sukun, lumayan kalau dari Jl. Kawi sekitar 5 sd 7 km. Disana ada warung yang lumayan untuk ukuran banyaknya menu yang dijual. Aku sering menyebutnya dengan masakan jawa deh. Ada sayur lodeh, sayur bening dan lauk-lauk lainnya.

Banyak teman menyarankan agar mencari sahur disekiar kampus, seperti UM, UB atau di Jl. Soekarno-Hatta. Tahun kemarin aku sempat mencari sahur di sekitaran Universitas Merdeka (Unmer) Malang tapi tralala tak ada yang buka. Untuk di sekitar UM dan UB belum mencoba karena agak jauh.

Tadi pagi Juragan kantotku juga curhat kalau makan sahur hanya pakai telor ceplok karena disekitar rumahnya tidak ada yang buka. Padahal kalau siang hari disekitar Jl. Pulosari adalah tempatnya orang menjual makanan. Tapi waktu sahur tidak ada yang jualan.

Aku sempat berfikir kenapa pada saat bulan puasa di Kota Malang tidak banyak orang menjual makanan untuk sahur, beda sekali dengan yang ada di Bojonegoro dimana 7,5 tahun aku pernah tnggal disana dan di Ponorogo walau hanya 2,5 bulan tapi sempat puasa di Kota Reog itu dan mencari makan sahur tidak terlalu sulit, dan jujur lebih sulit di Kota Malang ini, atau mungkin seleraku yang kurang pas di Kota Malang ya ?

Semoga puasa kali ini dapat berjalan dengan baik dan iklas dalam menjalankan ibadah. Amin