Mencoba Tol Pandaan Malang

Malang – Semalam sekitar pukul 21.00 aku dan teman-teman mencoba tol Pandaan Malang sepanjang 38,48 km yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo hari Senin kemarin dan masih digratiskan sampai dengan lebaran besok.

Waktu Tempuh?

Perjalanan dari Waru sampai dengan Kota Malang semalam hanya ditempuh sekitar 1 jam 15 menit dalam kondisi masih ramai sedang, memasuki tol Pandaan Malang sudah mulai banyak kendaraan yang menggunakannya, baik kendaraan besar maupun kendaan kecil atau pribadi untuk kedua arah.

Yang menjadi catatan adalah jalan tol ini selalu menanjak meskipun agak landai, mungkin jika kendaraan besar akan merasa agak kesulitan, kemarin ada beberapa truk yang bermuatan menuju Malang yang kecepatannya dibawah 60 km/jam.

Tol Pandaan Malang ini sangat bagus dengan dua lajur yang dapat dilaluinya, karena perjalanan malam hari sehingga tidak bisa melihat pemandangan indahnya bukit dan gunung yang ada disekitar tol, jika siang hari pasti akan bagus sekali.

Jika waktu biasa perjalananku dari rumah ke Malang rata-rata menempuh waktu sekitar 2,5 jam sd 3 jam perjalanan dengan menggunakan tol hanya sampai Pandaan.

Pintu Tol keluar?

Ketika mendengar dan membaca berita bahwa pintu kuluar untuk saat ini ada dipintu kelar Singosari pikirku adalah pintu keluar yang ada diantara Lawang dan Singosari, ternyata salah. Pintu Singosari yang dimaksud adalah pintu keluar yang ada di Karanglo. Kenapa tidak dinamakan pintu tol Karanglo ya? Kok malah pintu keluar Singosari. Mungkin nama kecamatan yang digunakan untuk nama pintu tol tersebut.

Sebelum adanya tol, pertigaan untuk keluar pintu tol tersebut lebih dikenal dengan nama pertigaan bentoel atau pertigaan Karanglo, kalau naik bus dari Surabaya ke arah Malang dan ingin menuju Batu maka kondektur bus akan menyebut pertigaan bentoel atau pertigaan Karanglo.

Tarif Tol Pandaan Malang

Sampai dengan saai ini belum ada informasi tarif tol Pandaan Malang tersebut, jika melihat panjang tol sampai dengan Pintu Tol Singosari 38,48 km kalau harga rata-rata per km tol Rp. 1.000,- maka harga tol tersebut adalah sekitar Rp. 38.480,-. Dugaanku sih harga tol ini jika sudah beroperasi normal antara Rp. 40.000,- sampai dengan Rp. 50.000,-

Waktu Tempuh

Berarti jika aku ke Malang dari rumah akan membutuhkan biaya sekitar Rp. 80.000,- sekali jalan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam sampai 2 jam, dari segi waktu jelas menghemat sekali, karena biasanya waktu yang ditempuh 2,5 sd 3 jam perjalanan.