Review WiFi Tenda AC10U

Malang – Sebenarnya sudah lama aku membeli WiFi Tenda AC10U ini, aku beli secara online di salah satu online shop dengan harga Rp. 545.000,- sudah termasuk ongkir, harga yang cukup murah jika melihat spesifikasinya, semoga saja hasilnya setelah dipakai juga tidak mengecewakan, karena WiFi Tenda AC10U ini kalau melihat spesifikasi yang ada di web tenda sangatlah bagus, oleh karena itu aku tertarik untuk membelinya.

WiFi ini sebenarnya aku gunakan untuk menggantikan WiFi tenda F3 yang sudah aku beli dari tahun 2015 lalu, karena ada beberapa masalah pada WiFi F3 ini setiap buat download atau upload file besar pasti restart sehingga RTO.

Spesifikasi Tenda AC10U

Sepesifikasi dari Tenda AC10U ini dapat dilihat pada webnya langsung https://www.tendacn.com/id/product/specification/AC10U.html tapi ada yang beda dan yang menarik bagiku adalah adanya slot USB dan support frekuensi 5 GHz, kalau WiFi biasa hanya support 2.4 GHz sementara AC10U ini support 2.4 GHz dan 5 GHz, dan menggunakan high speed prossessor 1Ghz CPU 128MB DDR3. Secara singkatnya kira-kira spesifikasinya adalah sebagai berikut:

Port:
3*GE LAN Ports
1*GE WAN Port
4*5dBi External Dual Band Antennas

Wireless:
Wireless Standards:IEEE 802.11ac/n/a 5GHz 20/40/80 bisaa
IEEE 802.11n/g/b 2.4GHz
Wired Standards:IEEE 802.3, IEEE 802.3u

Frekuensi:
5GHz: Up to 867Mbps
2.4GHz: Up to 300Mbps

Advance Setting:
MAC Address Filter
IP and MAC Address Binding
IPTV
Black/White List
MAC Clone
Static Routing

Support:
AC10i Smart Dual-Band Gigabit WiFi Router 20/40/80Mhz
Power Supply
Ethernet Cable
Quick Install

Smart Router 6 in 1

Apa maksud dari 6 ini 1 ini? maksudnya adalah dalam satu device WiFi AC10U dapat digunakan menjadi :

  1. Bisa smart router MU-MIMO (Layanan tidak pake antri pada tradisonal Router) Gigabit
  2. Bisa Ap.
  3. Repeater.
  4. WISP
  5. Client Bridge
  6. Universal adapter

Tipologi Jaringan

Sebenarnya aku hanya menggunakan sebagai Access Poin (AP) saja karena memang aku ingin diruanganku coverage sinyal WiFinya bagus, kira-kira tipologinya sebagai berikut.

Dengan luas ruangan kerjaku sekitar 36 m2 maka aku memerlukan sinyal WiFi yang stabil dan aku tertarik dengan spesifikasinya setelah membaca lounge tenda ac10u di halaman kaskus. Aku pikir dengan harga di toko online yang tidak terlalu mahal layak dicoba deh. WiFi AC10U ini hanya melayani 4 device, 2 buah smartphone, 1 PC dan 1 Laptop. Tentu sangat ringan sekali WiFi sekelas AC10U ini hanya melayani 4 device. Kalau aku membaca dibeberapa tulisan sih mampu melayani sampai dengan 20 user.

Setting WiFi

Kebetulan aku mengaktifkan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz, hanya saja nama WiFi untuk 2 frekuensi ini tidak bisa sama, aku pernah menggunakan nama yang sama akhirnya crash dan disconnect, sehingga nama dari WiFi ini harus dibedakan. Disini untuk WiFi dengan frekuensi 2.4 GHz aku beri nama Jazzy dan yang frekuensi 5 GHz aku beri nana Jazzy_5G. Untuk smartphone-ku keduanya sudah mendukung frekuensi 5 GHz sehingga bisa menggunakannya sedangkan latop dan PC belum support 5 GHz, sehingga untuk PC dan laptop masih menggunakan frekuensi 2.4 GHz.

Frekuensi mana yang lebih bagus? 2.4 GHz atau 5 GHz?

Ternyata frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz punya kelebihan masing-masing. Untuk Frekuensi 2.4 GHZ (2400 MHz) adalah Frekuensi atau sinyal yang sudah sejak lama kita gunakan pada umumnya. Dengan usia yang sudag sangat lama, gelombang ini adalah ‘area bebas’ dimana nyaris semua perangkat wireless memakai frekuensi ini. Contoh umumnya seperti pada perngkat remote control TV, remote control mainan, remote alarm mobil, bluetooth, dan router wi-fi salah satunya.

Sinyal frekuensi 2.4 GHz mempunyai daya cakupan yang lebih luas dan sinyal yang lebih kuat, tetapi frekuensi ini sudah terlalu banyak penggunanya sehingga kadang menyebabkan gangguan. Apabila koneksi sinyal wi-fi anda memerlukan kedua kondisi diatas (sinyal yang kuat dan jangkauan yang jauh) misalkan berbeda ruangan (komputer/laptop di kamar tidur dengan hotspot wi-fi di ruang tamu) maka sebaiknya anda menggunakan Frekuensi 2.4 GHz.

Sedangkan Frekuensi 5 GHz adalah teknologi yang lebih baru sebagai jawaban terhadap banyaknya pemakain frekuensi 2.4 GHz. Selain itu saat ini perangkat yang telah mendukung frekuensi ini masih belum sebanyak perangkat yang memakai Frekuensi 2.4 GHz. Tetapi frekuensi yang lebih kuat ini mempunyai kekurangan di daya cakupan yang lebih pendek.

Bilamana sambungan wi-fi anda lebih langsung mengarah seperti tidak terhalang bangunan dinding atau lantai, atau layaknya wireless mi-fi (mobile wi-fi) yang bisa dibawa kemana mana dan selalu ada di dekat perangkat yang memerlukannya, akan lebih bagus apabila anda memakai sinyal 5 GHz.

Apa kelemahannya?

Kelemahannya selama ini yang aku rasakan setelah menggunakan sekitar 2 bulan adalah sebagai berikut:

  1. Nama WiFi atau SSID untuk frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz tidak bisa disamakan, kalau disamakan berdasarkan pengalaman akan disconnect, mungkin crash.
  2. Slot USB hanya bisa untuk share dengan FTP.
  3. Coverage Frekuensi 5 GHz tidak jauh, kena halang tembok 1 lapis sudah turun jauh sekali kekuatan sinyalnya.
  4. Tidak bisa setting VPN, mungkin karena aku settingannya sebagai AP.

Ok, sementara itu aja yang bisa aku tulis setelah menggunakan WiFi AC10U ini.

avatar
  Subscribe  
Notify of