Mencoba Web Hosting SSD

Sedati – Saat sedang membuka facebook dan melihat ada iklan untuk web hosting SSD, setelah membaca komentar dan membuka webnya akhirnya aku putuskan untuk mencobanya. Apa bener sesuai dengan iklan tersebut. Sebenarnya yang menarik bukan hanya SSD-nya tapi murahnya juga sih. Tapi bukan untuk hosting blog ini, adalah untuk web lainnya yang aku kelola.

Teknologi SSD

SSD singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Sebagai analogi, kita mungkin tidak asing lagi dengan USB Flash Drive atau USB Thumb Drive atau USB memory stick.

Dari beberapa sumber yang aku baca kecepatan membaca SSD ini 10 kali lebih cepat dari pada hardisk piringan yang biasa kita gunakan di PC. Tapi berdasarkan pengalan salah satu PC yang menggunakan SSD untuk booting Windows 10 hanya butuh 10 sd 20 detik mungkin, intinya cepat banget.

Web hosting dengan SSD

Sudah banyak web hosting di Indonesia yang menggunakan SSD untuk penyimpanannya. Silahkan saja googling dengan keyword “hosting SSD” akan muncul beberapa web hosting baik lokal maupun luar negeri.

Beberapa web hosting Indonesia yang menggunakan SSD memang agak mahal, tapi kebetulan hosting SSD yang aku coba ini menawarkan diskon 80% untuk unlimited space dan bandwidth, harganya kurang dari Rp. 100.000,- deh.

SSL juga gratis disini menggunakan SSL cPanel yang informasi dari technical supportnya gratis, tinggal memperpanjang saja kalau masa sudah habis. Semoga saja deh, karena aku butuh SSL untuk SEO dan keamanan.

Sebenarnya klim web hosting menggunakan SSD lebih cepat juga masih perlu diuji jika diuser penngguna, karena ketika pengguna mengaksea sebenarnya kecepatan akses dipengaruhi oleh banyak hal seperti jaringan internet, pc atau hp yang digunakan.

Hasil propagasi domain

Setelah merubah setting name server (NS) menjadi name server dari hosting yang menggunakan SSD ini, kurang dari 5 menit langsung bisa diakses. Sementara secara kasat mata tidak bisa membedakan hosting yang lama dengan hosting yang baru ini, karena kebetulan aksea jaringan internet dirumah bagus sehingga tidak bisa membedakan kecepatannya.

Sayang, oleh penyelenggara hosting tidak diperkenankan menggunakan NS sendiri seperti di hosting yang lama, sehingga kalau dicek pada whois akan muncul NS dari web hostingnya. Untuk ini ora seru …. boleh menggunakan asal membayat Rp. 50.000,- tambah ora seru lagi ini.

Nanti dilihat hasilnya beberapa bulan kedepan, apakah seperti yang disampaikan di iklan, bahwa lebih cepat, lebih murah …

avatar
  Subscribe  
Notify of